Kapolda Sumbar minta peran "tigo tungku sajarangan" dioptimalkan

Kapolda Sumbar minta peran "tigo tungku sajarangan" dioptimalkan

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra (ANTARA/ HO Polda Sumbar)

Tantangan dan tugas Polri akan semakin berat dan kompleks terutama dalam mendukung program kerja pemerintah daerah maupun pemerintah pusat
Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa Putra meminta peran "tigo tungku sajarangan" harus dioptimalkan karena tugas kepolisian akan semakin berat di masa mendatang.

"Tantangan dan tugas Polri akan semakin berat dan kompleks terutama dalam mendukung program kerja pemerintah daerah maupun pemerintah pusat," katanya di Padang, Jumat.

Ia menilai Sumatera Barat sudah terkenal dengan ketaatannya dalam kehidupan beragama dan juga kekuatan adatnya, yang masih tetap terjaga dengan baik hingga saat ini.

Baca juga: Lantik tiga Kapolda Kapolri titip 2 pesan

"Peran tungku tigo sajarangan, yaitu niniak mamak, cadiak pandai, dan alim ulama, perlu di kedepankan seiring dan sejalan dengan upaya polisi yang menjalankan tugas pokoknya sebagai pemelihara kamtibmas penegak hukum, pelindung, pengayom, serta pelayanan masyarakat,"kata dua.

Ia menyampaikan, berbagai masukan kerja-sama dan komitmen dari seluruh personel jajaran Polda Sumbar sangat diharapkan sebagai landasan.

"Masukan, saran ataupun kritik tentunya tetap saya harapkan dalam perjalanan saya memimpin Polda Sumbar," kata dia

Menurut dia hal ini membuat seluruh personel di jajaran Polda Sumbar harus merapatkan barisan, menyatukan visi dan misi, serta persepsi untuk menghadapi tantangan tugas tersebut.

"Selaku pimpinan baru di wilayah ini masih banyak hal yang perlu saya ketahui, khususnya yang berhubungan dengan Ranah Minangkabau," kata dia.

Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto sebagai Kapolda Sumbar. Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Selasa (31/8) siang.

Sertijab dilaksanakan setelah terbitnya surat telegram Kapolri, nomor ST/1701/VIII/KEP/2021, tertanggal 25 Agustus 2021, yang ditandatangani oleh Asisten SDM Irjenpol Wahyu Widada.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra ini sebelumnya menjabat Sahlijemen Kapolri, menggantikan Irjen Pol Toni Harmanto. Toni sendiri dimutasi sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Baca juga: Kapolda sebut jumlah vaksin masuk ke Sumbar masih minim
Baca juga: Kapolda Sumbar sebut distribusi vaksin ke daerah itu masih rendah

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Alumni Akpol ’95 targetkan 2 ribu dosis vaksin di Sumbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar