Saya percaya para kader, OPD KB dan jajarannya sangat gesit di Kabupaten Purworejo, semoga sisa waktu 3 bulan ke depan bisa meraih 100 persen
Purworejo, Jateng (ANTARA) - Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas dukungannya dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga (Bangga Kencana).

Penyematan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana dilakukan oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat.

Baca juga: Pertumbuhan penduduk Kaltara terkendali berkat Program Bangga Kencana

Selain itu Kabupaten Purworejo juga mendapat piagam penghargaan pendataan keluarga tahun 2021 yang diterima oleh Bupati Purworejo Agus Bastian.

Hasto Wardoyo mengatakan atas nama BKKBN mengucapkan terima kasih atas peran dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo dan dinilai memberikan satu komitmen dan dukungan serta berjasa dalam program Bangga Kencana.

"Dari tim penilai menyimpulkan bahwa penghargaan Manggala Karya Kencana sangat layak diberikan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo atas dukungan pada program Bangga Kencana," katanya.

Baca juga: Anak dari keluarga tangguh menjadikan negara kuat

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Purworejo karena pendataan keluarga yang dikenal PK21 di Kabupaten Purworejo telah dilaksanakan dengan sukses.

"Pendataan dilakukan pada masa pandemi, jadi sulit sebetulnya, tetapi Kabupaten Purworejo luar biasa. Kader-kader pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) dan para penyuluh KB tetap mendatangi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga Kabupaten Purworejo meraih PK21 yang tercepat dan juga terlengkap. Jadi 100 persen terdata," katanya.

Baca juga: ANTARA Kalbar raih juara dua lomba pemberitaan Bangga Kencana

Hasto Wardoyo juga menyampaikan terima kasih atas serapan bantuan operasional keluarga berencana (BOKB) dan DAK fisik di Kabupaten Purworejo mencapai 45 persen.

"Saya percaya para kader, OPD KB dan jajarannya sangat gesit di Kabupaten Purworejo, semoga sisa waktu 3 bulan ke depan bisa meraih 100 persen," katanya.

Menurut dia salah satu hal yang bisa dilakukan di masa pandemi ini dengan cara pelayanan yang sedikit-sedikit akhirnya komulatifnya banyak.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyampaikan penghargaan Manggala Karya Kencananini suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Kabupaten Purworejo.

"Kami sangat berterima kasih telah mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dan piagam pendataan keluarga tahun 2021, semoga penghargaan ini akan semakin memotivasi kami untuk bekerja lebih keras guna menyukseskan program Bangga Kencana," katanya. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021