Formula 1

Red Bull ingin bawa Alex Albon kembali ke F1

Red Bull ingin bawa Alex Albon kembali ke F1

Pebalap Thailand Alexander Albon berada di podium setelah finis ketiga di Grand Prix F1 Bahrain, Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (29/11/2020) (ANTARA/REUTERS/Bryn Lennon)

Jakarta (ANTARA) - Red Bull berencana membawa pebalap Thailand Alexander Albon kembali ke Formula 1 tahun depan, ketika Alfa Romeo dan Williams memiliki bangku kosong sedangkan Mercedes tertarik dengan juara dunia Formula E Nyck de Vries.

Albon (25) membalap untuk tim utama Red Bull tahun lalu tapi kehilangan bangkunya karena pebalap Meksiko Sergio Perez, yang sekarang mengantongi kontrak hingga 2022.

Pebalap Thailand kelahiran Inggris itu sekarang membalap di German Touring Cars (DTM) Series.

Baca juga: Albon didukung Red Bull membalap di DTM

"Alex layak mendapatkan bangku di Formula 1 tahun depan," kata bos tim Red Bull Christian Horner kepada Reuters di Grand Prix Belanda, Jumat.

"Williams dan Alfa Romeo keduanya menaruh minat dan kami ingin melihat dia kembali ke Formula 1. Semoga itu bisa diselesaikan dalam beberapa hari ke depan."

Di saat pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen asal Finlandia memutuskan bakal pensiun di akhir musim ini, Williams kemungkinan kehilangan George Russell yang disiapkan sebagai pengganti Valtteri Bottas di Mercedes.

Baca juga: Albon curhat setelah 'ditendang' Red Bull, incar bangku di F1 2022

Bottas disebut bakal mengisi bangku yang ditinggalkan Raikkonen akan tetapi terdapat keraguan soal siapa yang bakal menjadi tandem Antonio Giovinazzi karena Ferrari, selaku pemasok mesin untuk Alfa Romeo, yang bakal memutuskan nantinya.

Albon saat ini mengendarai AF Corse Ferrari di DTM dengan sponsor AlphaTauri, brand fashion milik Red Bull.

Di saat Williams menggunakan mesin Mercedes, tim itu memiliki kaitan erat dengan Red Bull lewat bosnya Jost Capito yang bekerja sama dengan brand perusahaan minuman berenergi itu sebagai sponsornya ketika dia mengepalai Volkswagen Motorsport.

Ketika ditanya apakah Albon akan dilepaskan dari kontraknya apabila datang tawaran dari tim yang berhubungan dengan Mercedes atau Ferrari, Horner mengatakan Red Bull hanya ingin sang pebalap Thailand membalap lagi.

"Kami akan mengakomodasi apapun yang kami bisa untuk memastikan dia kembali membalap tahun depan," kata Horner.

De Vries juga dikaitkan dengan Williams dan Alfa Romeo, tapi bos Mercedes Toto Wolff lebih condong ke Albon.

"Sekarang ini seputar Alex Albon, yang seperti dikatakan Christian, layak mendapat bangku," kata Wolff. "Dia anak yang sangat baik dan dia kemungkinan pemeran utama dalam bursa transfer ini."

​​​​​​"Nyck memiliki jaminan kursi di Formula E dengan kami dan pikiran saya terbagi dua.

"Saya harap dia di F1 tapi saya tidak ingin kehilangan dia untuk kampanye Formula E kami."

Baca juga: Perez resmi gantikan Albon di Red Bull tahun depan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar