Mataram (ANTARA News) - Lebih dari 40 ribu orang mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Nusa Tenggara Barat, Minggu, sejak pukul 08.30 Wita hingga 11.00 Wita.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H. M. Zaini, mengatakan, proses tes tertulis yang digelar di tingkat provinsi dan 10 kabupaten/kota di wilayah NTB itu, berlangsung aman dan lancar.

"Semuanya terpantau dan laporan yang kami terima, sejauh ini berjalan aman dan lancar dan pelaksanaaannya sesuai prosedur dan mekanisme yang ditetapkan," ujarnya.

Seleksi CPNSD untuk Pemerintah Provinsi NTB berlangsung di tiga lokasi yakni Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram, Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mataram dan gedung bekas Kampus Universitas Mataram (Unram) di kompleks Taman Budaya NTB.

Seleksi CPNSD di 10 kabupaten/kota berlangsung di sejumlah sekolah dan gedung lainnya yang memungkinkan.

Zaini mengatakan, sebanyak 40 ribu lebih peserta tes CPNSD di wilayah NTB itu akan memperebutkan 2.158 formasi atau satu formasi diperebutkan oleh 16 orang, namun disesuaikan dengan rincian formasi yang didasarkan pada peluang jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya..

"Semula peminat CPNSD di wilayah NTB yang mendaftarkan diri tercatat sebanyak 62.693 orang namun 22 ribu orang lebih dinyatakan gugur seleksi administrasi," ujarnya.

Versi BKD NTB, kuota CPNSD tahun 2010 yang dijatahkan Kemenneg PAN untuk NTB sebanyak 2.158 formasi, dan semuanya untuk pelamar umum. Rinciannya, sebanyak 926 formasi guru, 676 formasi tenaga kesehatan dan 556 formasi tenaga teknis.

Dari kuota 2.158 formasi CPNSD NTB itu, sebanyak 264 formasi untuk Pemerintah Provinsi NTB, 126 formasi untuk Pemerintah Kota Mataram, 192 formasi untuk Lombok Barat, 192 formasi untuk Lombok Tengah dan 190 formasi untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat kuota CPNSD sebanyak 195 formasi, Kabupaten Sumbawa Barat 286 formasi, Dompu 100 formasi, Bima 190 formasi dan Kota Bima 194 formasi serta Kabupaten Lombok Utara sebanyak 229 formasi.

Dari kuota itu kemudian dirinci formasinya sesuai usulan daerah tentang kebutuhan CPNSD sesuai jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya.

Menurut Zaini, setelah pelaksanaan tahapan tes akademik, Lembaran Jawaban Komputer (LJK) akan diperiksa dan ditetapkan urutan peringkat sesuai nilai yang diraih, oleh kalangan akademisi yang ditetapkan.

Seleksi CPNSD 2010 di Provinsi NTB melibatkan empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Brawijaya dan Unram, namun penandatanganan nota kesepahamannya di empat tempat yang berbeda.

Pelibatan keempat PTN dalam penerimaan CPNSD 2010 itu untuk kepentingan penyusunan soal ujian dan pemeriksaannya hingga penentuan rangking, atas persetujuan pemerintahan daerah masing-masing.

Untuk enam kabupaten lainnya di NTB masing-masing Kabupaten Bima menggunakan jasa Unpad, Kabupaten Lombok Utara dan Sumbawa Barat dan Lombok Timur serta Dompu mengunakan jasa UI dan Kabupaten Lombok Barat melibatkan Unbraw.

"Nanti, tanggal 20 Desember, hasil tes akademik itu diumumkan ke publik melalui media massa dan ditempelkan di lokasi strategis," ujarnya.
(A058/S021/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010