Jakarta (ANTARA) - Perkembangan pandemi virus corona yang perlu Anda ketahui saat ini:
 

Vaksin Pfizer siap dipakai AS sebagai booster, Moderna tertinggal

Ahli penyakit menular terkemuka AS Dr. Anthony Fauci mengatakan pada Minggu (5/9) bahwa pemerintah akan segera mendapat lampu hijau untuk regulasi pemberian vaksin penguat (booster) dari Pfizer.

Perlu waktu lebih lama bagi Moderna karena mereka belum mengirimkan data yang diperlukan untuk vaksin booster kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), kata Fauci.

Pada Agustus, pemerintah Biden mengumumkan mereka akan mulai menawarkan dosis penguat bagi warga Amerika pada 20 September.

Para ilmuwan masih berdebat seberapa efektif vaksin booster memberi tambahan kekebalan dan apakah semua orang perlu disuntik dengan vaksin tersebut, bukan hanya mereka yang paling berisiko.

Baca juga: Fauci dukung vaksinasi COVID wajib bagi anak sekolah AS
 

Kasus COVID-19 di NSW Australia diperkirakan memuncak pekan depan

Otoritas New South Wales (NSW), episentrum wabah COVID-19 terbesar di Australia, mengatakan pada Senin kasus infeksi harian di negara bagian itu akan memuncak pekan depan.

Pemerintah setempat tengah mempercepat vaksinasi menjelang pelonggaran pembatasan.

Negara Bagian Victoria, termasuk ibu kota Melbourne, melaporkan 264 kasus baru pada Senin, rekor angka harian tahun ini.

Pekan lalu, Australia melakukan pertukaran vaksin dengan Inggris dan Singapura untuk menambah pasokan vaksin Pfizer-BioNTech menjadi 4,5 juta dosis.

Baca juga: Dokter Australia peringatkan sistem kesehatan bisa "tumbang"
 

Lonjakan kasus COVID-19 membawa risiko PTSD bagi petugas medis di AS

Sejumlah petugas instalasi gawat darurat (IGD) di Amerika Serikat mengatakan pada Reuters mereka mengalami gejala gangguan mental pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD).

Gejala tersebut antara lain: terbangun berkeringat akibat mimpi buruk, terbayang-bayang pasien yang sekarat, merasa sangat marah, dan panik ketika mendengar alarm rumah sakit.

Mereka yang mengalami gejala tersebut lebih dari sebulan, dan cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, dapat didiagnosis menderita PTSD.

Serikat pekerja medis ingin mengurangi trauma dengan menyusun aturan nasional tentang jumlah pasien yang ditangani tiap perawat.

Pekerja mengatakan mereka seharusnya tak perlu membayar terapi, pengobatan, dan perlakuan lain.

Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan kelompok lainnya ingin agar para dokter yang memerlukan perawatan mental lebih terjaga kerahasiaannya.

Sebagian besar staf IGD yang berbicara kepada Reuters soal PSTD meminta identitasnya dirahasiakan.

Baca juga: Gedung Putih kirim tim khusus COVID perangi varian Delta
 

Israel akan memberikan data suntikan booster COVID-19 kepada ahli FDA

Israel bulan ini akan memberikan data dari pemberian ekstensif vaksin booster COVID-19 kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Data tersebut akan menjadi pertimbangan bagi Gedung Putih untuk mulai memberikan suntikan vaksin penguat di AS.

Sepekan lalu, Israel mulai menawarkan vaksin COVID-19 Pfizer sebagai dosis booster kepada orang berusia 12 tahun ke atas dalam program vaksinasi yang dimulai pada Juli bagi para lansia.

Pejabat kesehatan Israel mengatakan suntikan tersebut telah memperlambat kenaikan jumlah pasien yang parah akibat varian Delta.

Sejauh ini, sebanyak 2,6 juta dari 9,3 juta penduduk Israel telah menerima tiga dosis vaksin Pfizer.

Baca juga: Israel: Efektivitas vaksin Pfizer turun di tengah penyebaran Delta
 

Vietnam tetapkan tenggat vaksinasi orang dewasa

Episentrum wabah virus corona Vietnam, Kota Ho Chi Minh, juga Ibu Kota Hanoi harus sudah memvaksinasi semua penduduk dewasa setidaknya satu dosis paling lambat pada 14 September.

Vietnam termasuk negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Asia Tenggara. Baru 3,3 persen dari 98 juta jiwa penduduknya yang sudah divaksin lengkap, dan 15 persen yang sudah divaksin sekali.

Negara itu sedang berjuang menghadapi wabah COVID-19 terburuk.

Hingga kini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 520 ribu orang dan menyebabkan 13 ribu kematian, sebagian besar tercatat dalam beberapa bulan terakhir.

Ho Chi Minh, pusat bisnis negara itu, menyumbang setengah jumlah infeksi dan 80 persen kematian.

Baca juga: Hanoi perpanjang "lockdown", Vietnam tingkatkan tes COVID
 


Sumber: Reuters

RI terima 1,19 juta dosis vaksin Pfizer 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021