Jakarta (ANTARA News) - PT Indonusa Telemedia (Telkomvision), penyelenggara televisi berbayar menggandeng Perum LKBN ANTARA sebagai penyedia konten lokal.

"Konten yang kami harapkan dipasok ANTARA TV berupa liputan `features` terkait alam Indonesia, keindahan panorama, potensi pariwisata dan ragam kebudayaan negeri," kata Direktur Utama Indonusa Telemedia, Elvizar KH, di Jakarta, Selasa.

Kerja sama ANTARA TV dengan Telkomvision dengan merek dagang YesTV ini, secara resmi dimulai awal tahun 2011.

"Program ujicoba sedang berlangsung, tinggal implementasinya saja," kata Elvizar.

Menurut dia, YesTV akan terus meningkatkan porsi konten lokal untuk memperkaya layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

YesTV yang merupakan layanan anak usaha PT Telkom ini, memiliki empat program, yaitu paket emas, paket perak, paket perunggu, dan paket hemat yang tersaji melalui 50 kanal.

Sebanyak 11 kanal, di antaranya adalah program lokal berupa siaran televisi nasional, sedangkan selebihnya konten luar negeri seperti konten anak-anak, konten berita, olah raga, film, dan "national geographic".

"Konten lokal masih sangat kecil. Dalam empat tahun ke depan kita harapkan konten lokal ini bisa dikembangkan mencapai 40 persen," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Multimedia Gateway Perum LKBN ANTARA Adi Lazuardi mengatakan, pihaknya siap menjadi mitra pemasok konten untuk YesTV.

ANTARA TV beroperasi sejak Januari 2006 sebagai unit usaha penyedia konten audio visual.

ANTARA TV menjadi kantor berita TV Indonesia yang menyajikan berita secara akurat dan terpercaya.

"Selain memasok `feature` tentang kekayaan alam Indonesia, ANTARA juga siap memasok konten berita `hotnews`, dan berita lainnya secara `realtime`," kata Adi.

Telkomvision memperkirakan pelanggan YesTV hingga akhir tahun 2010 mencapai 300.000 pelanggan, dan pada 2011 ditargetkan mencapai sekitar 500.000 pelanggan.
(R017/A035/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010