Sal Priadi ciptakan film pendek lengkapi lagu "Serta Mulia"

Sal Priadi ciptakan film pendek lengkapi lagu "Serta Mulia"

Sal Priadi ciptakan film pendek untuk lengkapi single "Serta Mulia". (ANTARA/HO/Creathink Publicist)

Jakarta (ANTARA) - Musisi Sal Priadi menggandeng sutradara muda Aco Tenri untuk menciptakan film pendek melengkapi single-nya yang berjudul "Serta Mulia".

Lagu yang sebenarnya telah dirilis sejak Februari 2021 ini menemukan waktu yang lama untuk kemudian dibuatkan videonya. Sal mengaku banyak yang bertanya kepadanya mengenai video untuk lagu “Serta Mulia”, namun ia seperti tidak dapat menemukan alasan untuk membuatnya. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Aco.

“Pertemuan pertama dengan Aco karena ada pekerjaan lain. Gue lihat karya-karya Aco, kemudian gue menemukan ada hal yang jarang gue temukan di filmmaker lain. Ada kepolosan, kesederhanaan. Kalau melihat Aco dan karyanya, ya sesuai. Aco ya kayak gitu,” kata Sal dalam keterangannya, Jumat.

Berdurasi 15 menit, film pendek itu bercerita tentang Adit, seorang pria muda yang mengalami kesulitan dan kegagalan dalam segala hal, mulai dari mencari kerjaan, mencari pasangan, bahkan dalam mencari passion-nya sendiri.

Hingga suatu hari ia harus bekerja di sebuah kafe bersama GOBRADINZOR (512), sesosok monster yang membuatnya takut. Namun, seiring waktu berjalan Adit semakin belajar dan berani menghadapi monster tersebut dan mencari cara untuk merayakan perjumpaan mereka.

Selain Aco, film pendek ini juga turut melibatikan komika Ryan Adriandhy dan sutradara animasi Januarizen untuk melengkapi keutuhan cerita.

Baca juga: "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" cetak sejarah di Locarno





Sal mengaku dalam film itu ia melakukan sesuatu yang baginya tak biasa.

“Gue berusaha memberikan kepercayaan penuh kepada orang lain atas apapun yang mereka lakukan untuk karya yang gue buat," ujarnya.

Kepercayaan ini syukurnya berbuah baik. Kolaborasi antar keduanya menghasilkan karya yang mereka anggap memuaskan. Sal bahkan mengatakan ibunya menangis ketika menonton film “Serta Mulia” membuat sebuah momen langka terjadi.

Aco Tenri, yang sebelumnya menyutradarai salah satu segmen film “Quarantine Tales”, mengatakan bahwa Sal adalah partner yang menyenangkan diajak bekerja sama.

Baca juga: Sal Priadi tak menyangka dapat tawaran debut akting di film

Ia merasa diberi kebebasan untuk berkarya menuangkan idenya dalam film pendek itu.

Mengambil lokasi di klab Jazz Fabster Kemang, video ini menampilkan suasana kafe yang menyenangkan. Sal yang berperan sebagai pengelola kafe muncul di awal video mengobrol dengan Adit, yang kemudian mencoba open mic namun gagal.

Adit kemudian makin kaget karena rekan kerjanya, GOBRADINZOR (512) atau dipanggil Din, tidak sesuai bayangannya. Seiring waktu, tumbuh persahabatan di antara keduanya.

Dengan lokasi syuting yang hanya satu, bukan berarti semuanya menjadi mudah. Aco menjelaskan bahwa ia banyak terbantu prosesnya dengan tim yang sepakat memberikan yang terbaik, di tengah segala keterbatasan. Kunci dari pembuatan video ini adalah kolaborasi Aco dengan berbagai orang, salah satunya adalah Ryan Adriandhy yang menjadi bintang utama.

“Semua udah tahu bahwa dia adalah sosok yang lucu, juara satu acara stand up comedy, tapi dia juga udah lama banget nggak tampil sebagai komika. Gue sebagai sutradara pastinya ingin bekerja sama dengan orang yang memudahkan. Ryan itu comedy timing-nya udah selesai. Dan terbukti saat syuting, semua adegan stand up selesai dalam satu kali take. Dia tahu kapan harus berhenti, harus menahan,” ujar Aco memuji kepiawaian bintangnya.

Ada banyak kolaborasi menarik lainnya di balik film "Serta Mulia" mulai dari sisi sinematografi bersama Goenrock, hingga urusan riasan spesial efek dibantu oleh Dodi Setiadi dan Tim yang membentuk film itu semakin terasa kuat dan nyata.

Setelah perjalanan yang penuh lika liku Aco menutup dengan harapan, “Semoga video ini dapat membuat orang-orang semakin berani menghadapi monster atau ketakutan dalam hidup mereka.” Baginya penting untuk merangkul monster dalam diri, “Jangan lari terus dari monster lu, monster itu akan tambah gede. Hadapin saja."

Sal dengan serius mengamininya, “Apa yang diberikan Aco melalui videonya, konsep monster dan lainnya menambah horison lebih luas mengenai lagunya. Gue rasa sekarang lagunya sudah lengkap. Memang ini yang mau gue persembahkan secara utuh. Semoga teman-teman juga bisa senang menikmati karya ini.”


Baca juga: Kolaborasi musisi & sutradara muda dalam 3 film pendek Collabonation

Baca juga: Sal Priadi merayakan hubungan di lagu "Serta Mulia"

Baca juga: Mikha Tambayong hingga Sal Priadi ungkap tantangan main musikal

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Transaksi emas meningkat walau Denpasar PPKM level 4

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar