Yogyakarta (ANTARA News) - Sukedi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DIY dalam Musyawarah Daerah II DPD Partai Demokrat DIY menggantikan GBPH Prabukusumo yang mengundurkan diri dari partai 15 hari sebelumnya.

"Seluruh proses pemilihan ini berjalan lancar bahkan lebih cepat dari yang dijadwalkan," kata Sukedi usai terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DIY di Yogyakarta, Rabu.

Ia meyakini, proses pemilihan secara aklamasi tersebut menunjukkan bahwa Partai Demokrat di DIY masih solid dan berada dalam satu kesatuan yang utuh.

Menurut dia, pemilihan secara aklamasi tersebut akan menjadi modalnya dalam membesarkan Partai Demokrat di wilayah tersebut apalagi dalam kondisi yang kurang kondusif dengan adanya berbagai permasalahan menyangkut persepsi masyarakat terhadap keistimewaan DIY.

"Namun, kepercayaan yang diberikan kepada saya ini juga menjadi beban karena saya dituntut untuk bisa bekerja lebih baik lima tahun ke depan," katanya.

Target jangka pendek yang harus segera dalam diwujudkan dalam kepemimpinan Sukedi adalah melakukan konsolidasi internal Partai Demokrat termasuk menata keanggotaan dan juga penjaringan kader.

Sementara itu, mengenai pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) DIY, Sukedi mengatakan bahwa pada prinsipnya Partai Demokrat akan tetap menampung aspirasi dari masyarakat.

"Kami akan selalu menjunjung tinggi demokrasi. Itu yang akan terus kami pegang. Jika belum ada undang-undangnya, bagaimana kami bisa melaksanakannya. Kami menunggu keputusan dari pusat," ujarnya.

Di dalam pemilihan tersebut Sukedi seharusnya ditetapkan menjadi Ketua DPD Partai Demokrat DIY pada pukul 20.00 WIB, namun sekitar pukul 15.00 WIB seluruh kegiatan yang menjadi rangkaian Musyawarah Daerah (Musda) II tersebut telah dapat diselesaikan.

Selain Sukedi, terdapat sejumlah nama yang diajukan sebagai calon ketua DPD Partai Demokrat DIY yaitu Najamudin, Ambar Tjahjono, Sutrisno, Sutan Imran dan Bertha Cahyani, namun mantan Komandan Kodim 0734 Yogyakarta tersebut terpilih secara aklamasi sebagai ketua yang baru.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Agus Bastian optimistis Sukedi mampu memimpin Partai Demokrat DIY dengan baik karena merupakan kader loyal partai.

Agus juga optimistis pada Pemilihan Umum 2014, DIY akan menjadi daerah yang mampu mendongkrak perolehan suara Partai Demokrat. (*)

(E013/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010