London (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Octavian Thamrin menekankan wanita Indonesia berperan penting dan strategis dalam membangun karakter bangsa.

"Ia menyampaikan hal itu saat bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan Hari Ibu ke-82, 22 Desember 2010, di KBRI London," ujar Sekretaris Satu KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada koresponden ANTARA di London, Kamis.

Peringatan Hari Ibu dihadiri seluruh staf KBRI dan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London diwarnai dengan kondisi kota London yang masih diliputi salju dan terbatasnya sarana transportasi.

Sarana transportasi di Inggris, termasuk London, sangat terganggu dalam beberapa minggu ini, seperti terlihat dengan penutupan Bandara Heathrow dan Gatwick, yang mengakibatkan penundaan dan pembatalan sejumlah penerbangan internasional.

"Namun demikian, kondisi seperti itu tidak menyurutkan semangat para peserta upacara Hari Ibu tahun ini di KBRI London," ujarnya.

Dubes Yuri Thamrin mengatakan karakter bangsa perlu terus dimaknai sebagai dasar sikap hidup yang jujur, tekun, pantang menyerah, amanah, patriotik, profesional dan selalu menjunjung persatuan dan kesatuan.

"Karakter bangsa yang kokoh merupakan fungsi dari karakter warga negara yang unggul," ujarnya.

Dubes mengatakan peringatan hari Ibu di Indonesia berbeda dengan di negara-negara lain, karena Hari Ibu di Indonesia pada dasarnya adalah hari nasional untuk mengenang jasa kaum perempuan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya, Dubes Yuri menyampaikan bahwa meskipun kaum perempuan Indonesia telah merasakan emansipasi dan kesetaraan dalam masyarakat, namun masih banyak yang harus dan perlu ditingkatkan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Ibu yang jatuh pada bulan Desember ditandai dengan suhu udara yang cukup dingin dan tidak menentu yang saat ini sedang melanda seluruh kawasan Inggris.(*)

(T.H-ZG/B/E011/E011) 23-12-2010 23:01:36

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010