MPR RI: Kebijakan pengendalian COVID-19 harus dijalankan konsisten

MPR RI: Kebijakan pengendalian COVID-19 harus dijalankan konsisten

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menilai sejumlah kebijakan pengendalian penyebaran COVID-19 di Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten agar masyarakat terbiasa dengan norma-norma baru yang wajib dijalankan untuk mencegah penularan virus tersebut.

"Berbagai persyaratan dalam sejumlah kebijakan pengendalian COVID-19 harus diterapkan dengan benar dan konsisten sehingga masyarakat bisa mematuhi kebijakan tersebut," kata Lestari Moerdijat atau Rerie dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan sejumlah kebijakan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), seperti persyaratan dalam perjalanan dan berkunjung ke area publik serta mal yang ditetapkan pemerintah harus konsisten dilakukan, termasuk sanksinya apabila kebijakan tersebut dilanggar.

Baca juga: MPR: Nilai kepahlawanan Ratu Kalinyamat jadi teladan anak bangsa

Lestari mencontohkan kebijakan apabila ada masyarakat yang terpapar COVID-19 namun masih bepergian akan diisolasi secara terpusat oleh pemerintah. Ini harus benar-benar dilaksanakan dengan konsisten di lapangan agar warga memahami dan mematuhinya.

Menurut dia, konsistensi dalam penerapan sebuah kebijakan sangat penting untuk menjaga kewibawaan para pemangku kepentingan di mata masyarakat.

"Apalagi sejumlah kebijakan tersebut berkaitan dengan upaya penerapan norma-norma baru dalam keseharian masyarakat pascapandemi," ujarnya.

Dia menjelaskan sebelumnya sempat terungkap bahwa sepanjang penerapan penelusuran melalui aplikasi PeduliLindungi di pusat-pusat kegiatan publik, seperti di mal pada masa PPKM, kedapatan 3.000-an masyarakat yang terpapar COVID-19 tetap berkegiatan di ruang publik.

Baca juga: Wakil Ketua MPR nilai euforia penyesuaian PPKM diredam melalui edukasi

Kondisi tersebut, menurut Rerie, harus benar-benar ditelusuri penyebab terjadinya ribuan orang terpapar COVID-19 masih bepergian ke ruang publik.

"Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus benar-benar menangani kondisi tersebut dengan langkah yang tepat sehingga masyarakat bisa mematuhi aturan dan penyebaran virus Corona bisa terus ditekan," katanya.

Dia mengatakan selain konsisten dalam penegakan aturan, program vaksinasi COVID-19 secara nasional harus konsisten dilakukan di setiap daerah agar secepatnya terbentuk kekebalan kelompok sesuai rencana.

Menurut dia, kombinasi kebijakan antara konsistensi dalam penegakan aturan pada masa PPKM dan pencapaian kekebalan kelompok akan mempercepat pengendalian COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong bangun kemandirian bangsa pascapandemi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wakil Ketua MPR sarankan capres pernah pimpin lingkup daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar