Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya mengerahkan 9.000 personel untuk mengamankan final leg kedua piala AFF 2010 antara Indonesia dengan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (29/12).

"Kita menambah pengamanan pertandingan tiga kali lipat, biasanya sekitar 3.000 personel," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Sutarman di Jakarta, Senin.

Sebanyak 3.200 personel mengamankan area dalam stadion, di tribun ada 2.400 personel, di mana setiap sektor ada seratus personel, ujarnya.

"Tambahan personel pengamanan tersebut kita prediksi kemungkinan rawan, karena kekalahan final leg pertama antara Malaysia dengan Indonesia," kata Sutarman.

Para petugas keamanan akan memeriksa semua yang masuk stadion, mulai dari mereka yang berangkat.

"Kemudian di jalan-jalan masuk mendekati stadion, kita akan lakukan pemeriksaan lagi," kata Kapolda.

"Selanjutnya, di pintu kita lakukan lagi pemeriksaan untuk mensterilkan masyarakat yang masuk ke stadion, agar tidak membawa petasan, kembang api, benda-benda tajam, termasuk laser," sambungnya.

Sutarman mengimbau penonton Indonesia menunjukan diri sebagai negara besar yang menjunjung sportifitas, diantaranya dengan tidak membawa petasan atau kembang api ke dalam stadion. (*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010