Jakarta (ANTARA News) - Polres Jakarta Utara menutup sejumlah jalan di sekitar Ancol untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan lalu lintas menjelang malam pergantian tahun baru, Jumat.

Penutupan diberlakukan di lima titik, yaitu Jalan Baru Ancol, Jembatan Goyang, Jalan Bintang Mas, Perempatan Lodan, dan traffic light Pasir Putih.

"Penutupan jalan berguna untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan saat malam Tahun Baru," kata Adhie Santika, Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Jakarta Utara, Jumat siang.

Dalam penutupan serta pengalihan arus lalu lintas, petugas akan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Jalan akan mulai ditutup pukul 21.30 atau 22.00 WIB seperti pada malam tahun baru sebelumnya.

"Jalan Baru Ancol ditutup, apabila kendaraan dari arah Tanjungpriok kondisinya padat. Sehingga kendaraan menuju Ancol akan dialihkan melalui Jalan Baru Ancol Selatan menuju traffic light Sertivia, lalu Jalan Bunyamin Sueb, dan flyover serta traffic light Pasir Putih melalui pintu timur," jelasnya.

Apabila Jembatan Goyang ditutup, kendaraan menuju Ancol dialihkan ke Jalan Budi Mulya, traffic light Manggadua, Jalan Gunungsahari, traffic light Bintang Mas serta pintu timur Ancol. Namun jika Pintu Ancol Barat padat, maka traffic light Bintang Mas akan ditutup.

Selanjutnya penutupan di traffic light Bintang Mas, akan mengalihkan kendaraan yang menuju ke Ancol dari Jalan Gunungsahari ke Jalan Lodan, Pelabuhan Sunda Kelapa serta pintu Pantai Marina.

Sedangkan dari Jalan Gunung Sahari dialihkan ke Jalan RE Martadinata arah timur menuju Jembatan Goyang dan melalui pintu timur.

Hal serupa juga dilakukan di Jembatan Lodan jika kondisi Jalan di pintu Ancol barat padat, kendaraan dari Jalan Lodan akan dialihkan ke Jalan Kampung Bandan melalui Tol Ancol Barat menuju ke Pintu Marina.

Sementara jika pintu masuk Ancol Timur padat, kendaraan dari Jalan Bunyamin Sueb dan Tol Kemayoran dialihkan melalui Pintu Karnaval.

Menurut Adhie, terdapat tiga arah untuk bisa masuk Ancol, yakni dari timur melalui Jalan RE Martadinata, Jalan Baru Ancol, dan Tol Ancol timur, sedangkan dari tengah melalui Jalan Bunyamin Sueb, Tol Kemayoran, dan Stasiun KA Ancol.

Sementara dari arah barat melalui Jalan Lodan, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kampung Bandan, dan Tol Ancol Barat.

Penutupan ini, lanjut Adhie, juga dikarenakan dijadikanya Ancol sebagai pusat perayaan malam pergantian tahun di Jakarta.

Berdasarkan catatan Satlantas Polres Jakarta Utara, pada 2008 tercatat sebanyak 837.449 orang datang ke Ancol. Pada 2009 orang yang datang mencapai 858.174. Sepeda motor yang masuk kawasan itu pada 2008 sebanyak 87.084 unit, dan 2009 sebanyak 89.281 unit. Mobil sebanyak 70.869 unit pada 2008 dan 2009 mencapai 77.675 unit.

Selain di Ancol, pusat aktivitas masyarakat saat merayakan pergantian tahun juga akan terjadi La Piazza, Kelapagading, Jakarta Utara.

Adhie mengimbau kepada pengendara mobil yang menuju Ancol dan Kelapagading agar mematuhi rambu dan petunjuk petugas. "Untuk yang menggunakan motor diimbau tidak mengangkut lebih dari satu orang," harapnya.

Dalam penanganan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun, Satlantas Polres Jakarta Utara juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

Jumlah personel anggota yang diterjunkan mencapai 75 dari satuan lalu lintas. "Saat ini arus lalu lintas di Jalan RE Martadinata menuju Ancol, sudah mulai padat," tandasnya.

(ANT-008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010