Biak (ANTARA News) - Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) terhitung 10 Januari hingga 7 Februari 2011 mengujicoba penerapan diskon 9 persen tiket kapal KM Dempo dan KM Dobonsolo bagi penumpang kelas dan ekonomi ke berbagai tujuan.

Kepala Pelni Biak M Shaleh Kamarullah di Biak Sabtu mengatakan, pemberlakuan uji coba diskon 9 persen kepada penumpang KM Dempo dan Dobonsolo sesuai surat edaran direksi Pelni No 14/SE/F/XII/2010 sebagai kompensasi kebijakan perusahaan tidak memberikan jatah makan kepada penumpang selama dalam perjalanan.

"Apakah kebijakan ini tetap berlaku selamanya atau tidak tergantung hasil respon masyarakat terhadap uji coba kurun waktu satu bulan kedepan," ungkap kepala Pelni Shaleh Kamarullah menanggapi pemberian diskon penumpang kapal laut KM Dempo dan Dobonsolo.

Ia mengatakan, setiap penumpang KM Dempo dan Dobonsolo ke berbagai tujuan dapat memanfaatkan kebijakan diskon.

Menurut Kamarullah, diberlakukannya diskon sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang memanfaatkan jasa kapal Pelni ke berbagai tempat keberangkatan di Papua maupun keluar Papua.

"Kebijakan diskon kapal Dempo dan Dobonsolo sudah mulai disosialisasikan melalui spanduk maupun pamplet di kantor Pelni setempat, dimana kapal bersangkutan berlayar menyinggahi kabupaten/kota di Papua," ujarnya.

Khusus di Biak, lanjut Kamarullah, pelabuhan laut Biak hanya disinggahi satu kapal yang memberikan diskon 9 persen yakni KM Dempo yang tiba setiap dua minggu sekali di Kabupaten Biak Numfor dengan rute Jakarta-Surabaya- Makassar-Ambon-Sorong-Biak dan Jayapura.

"Harapan saya kebijakan perusahaan Pelni kompensasi diskon dengan tidak member makan penumpang selama uji coba berjalan lancar serta mendapat respon positif masyarakat," harapnya.

(M039/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011