Pemkot Jakpus gelar bazar perluas jaringan UMKM Jakpreneur

Pemkot Jakpus gelar bazar perluas jaringan UMKM Jakpreneur

Penyelenggaraan bazar serentak oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat di Rusun Kemayoran, Kebon Kosong, Kamis (23.09/2021) (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

optimis bazar yang digelar di delapan kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusar menggelar bazar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Jakpreneur untuk memperluas jaringan serta meningkatkan pendapatan di tengah pandemi COVID-19.

Bazar tersebut diselenggarakan oleh Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Pusat di delapan kecamatan secara serentak pada 23-24 September 2021.

Kepala Sudin PPKUKM Jakarta Pusat Melinda Sagala di Jakarta, Kamis, mengatakan lebih dari 500 UMKM Jakpreneur binaan masing-masing kecamatan yang mengikuti bazar tersebut, baik secara daring (online) maupun  luring (offline).

Baca juga: Pemkot Jaksel libatkan 40 Jakpreneur dalam bazar daring

"Saya optimis bazar yang digelar di delapan kecamatan dapat memperluas jaringan, meningkatkan pendapatan, membuka peluang usaha, serta menciptakan wirausaha baru melalui pola kemitraan yang berkelanjutan," kata Melinda dalam sambutannya secara virtual di Jakarta Pusat, Kamis.

Melinda mengatakan bahwa produk-produk yang dijual dalam bazar ini merupakan unggulan dari Jakpreneur yang dibina di masing-masing kecamatan.

Baca juga: DKI genjot pelatihan pemasaran digital UMKM selama pandemi

Adapun mekanisme bazar daring dilakukan melalui akun marketplace Sudin PPKUKM di situs www.posjp.com. Pemesanan barang (pre order) melalui situs tersebut sudah dilakukan sejak pekan lalu.

Salah satu bazar luring digelar di lapangan Rusun Dakota, Kebon Kosong, Jakarta Pusat. Setidaknya ada 13 UMKM yang mengikuti bazar tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan.

Produk yang dijual pun beragam, mulai dari kerajinan tangan, makanan tradisional asal Ponorogo seperti kucrut, produk pewangi, hingga jajanan pasar.

Baca juga: Sebanyak 260 ribu pelaku UMKM ikut gabung dalam Jakpreneur

"Kami diundang dari kecamatan karena memang salah satu UMKM binaan dari Kecamatan Kemayoran. Harapannya produk kami bisa diketahui masyarakat," kata Muti, salah satu pengusaha UMKM yang menjual kerajinan tangan.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi dalam kesempatan sebelumnya mengatakan penyelenggaraan bazar diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian melalui UMKM. Penjualan dari bazar daring diharapkan dapat menembus lebih dari Rp25 juta selama penyelenggaraan.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PB Peparnas gelar pelatihan bagi UMKM makanan olahan sagu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar