Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Enggano, Bengkulu 12 jam ke depan berkisar antara tiga hingga tujuh meter.

Gelombang tujuh meter itu juga berpotensi terjadi di perairan Lampung, kata analisis BMKG pada stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Rabu.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Bengkulu agar mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang pada sore dan malam hari, terutama berpotensi terjadi untuk wilayah pesisir Mukomuko hingga kabupaten Kaur.

Prakiraan angin di samudra Hindia Barat Bengkulu berpeluang bertiup dari arah Barat sampai utara dengan kecepatan antara 12 sampai dengan 29 knot, sedangkan tinggi gelombangnya antara 1,5 hingga lima meter.

Angin di perairan Bengkulu diperkirakan bertiup dari Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 07-25 knot, dengan tinggi gelombang antara satu sampai empat meter.

Cuaca di wilayah Bengkulu, katanya, berpeluang berawan hingga hujan pada sore dan malam hari, suhu udaranya antara 23-30 derjat Celcius dan kelembabannya antara 68-98 persen.

Peringatan dini dari BMKG itu membuat acuan para nelayan untuk melaut, sehingga mengurungkan niat mencari ikan setelah dua pekan ini tidak melaut, ujar Asrul seorang pengusaha ikan di Bengkulu. (Z005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011