Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengungkapkan adanya risiko membengkaknya subsidi jika tarif kereta api ekonomi tidak naik pada April atau Mei 2011.

"Ada risiko saya harus naikkan PSO-nya, sekarang kita kasih dia Rp630 miliar di 2011. Mudah-mudahan April jalan atau Mei," kata Freddy di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Rabu malam.

Ia meminta PT Kereta Api Indonesia benar-benar mempersiapkan rencana kenaikan, terutama menyangkut standar pelayanan minimum sebelum kenaikan tarif.

"Kenaikan tarif KA ekonomi ditunda sampai April. Saya minta disiapkan standar pelayanan minimum, juga sosialisasi dan keluarkan perintah operasionalnya," katanya.

Menurut dia, jika standar pelayanan minimum, sosialisasi, dan perintah operasional belum diselesaikan maka kenaikan tarif tersebut belum dapat berlaku.

Ia menyebutkan, kenaikan tarif yang dilakukan baru-baru ini belum sesuai aturan dan belum memenuhi syarat yang ditetapkan.

"Saya belum tanda tangan tapi tarif sudah dinaikkan, nggak benar dong. Kenapa dinaikkan harga sebelum konsultasi. Saya tidak akan keluarkan surat sebelum semuanya disiapkan. Cuma naik Rp1.000 tapi dampaknya besar. PT KA harus siapkan sebelum menaikkan," katanya.

Ia mengatakan, semua persiapan tersebut harus selesai pada April 2011 karena jika tidak maka subsidi kemungkinan akan membengkak.

Menurut dia, pada 2010, PSO untuk PT KA mengalami kekurangan namun jika ingin menambah maka harus ada audit terlebih dahulu dari BPK.

Sementara itu mengenai penghentian operasi perusahaan penerbangan Mandala Airlines, Freddy mengatakan, perusahaan itu tidak dapat beroperasi lagi kemungkinan karena menghadapi masalah keuangan.

"Secara prinsip Mandala tidak beroperasi lagi. Mandala sudah sampaikan ke Menhub. Detilnya saya belum tahu mungkin berhubungan dengan masalah keuangan," katanya.

Ia menyebutkan, konsekuensi dari penghentian operasi itu adalah pengisian trayek perusahaan itu oleh perusahaan lainnya.(*)
(T.A039/S019/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011