Jakarta (ANTARA) - Ajax semakin memantapkan kedudukan mereka di posisi puncak klasemen Liga Belanda selepas menggilas Groningen 3-0 dalam laga pekan ketujuh di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Edson Alvarez, Antony Matheus dan Noussair Mazraoui masing-masing menyumbangkan satu gol demi melanjutkan rentetan kemenangan Ajax yang kini sudah berlangsung lima pertandingan beruntun.

Ajax kini mengumpulkan 19 poin di puncak klasemen dan unggul tiga poin atas pesaing terdekatnya, Willem II, sedangkan Groningen yang menelan lima kekalahan beruntun gagal menambah koleksi lima poin dan melorot ke urutan ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax lanjutkan pesta gol di kandang Fortuna Sittard

Setelah mengemas 14 gol dalam dua pertandingan terakhirnya, Ajax harus menunggu menit ke-40 untuk memecah kebuntuan dalam laga kontra Groningen.

Alvarez yang turut membantu serangan dalam situasi bola mati mampu menanduk umpan tendangan bebas yang dilepaskan Steven Berghuis untuk mengoyak gawang tim tamu.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum dan digandakan lewat tembakan jarak jauh Antony yang tak memberi kesempatan kiper Peter Leeuwenburgh mengantisipasi datangnya bola pada menit ke-56.

Groningen yang terus tertekan berusaha memanfaatkan setiap kesempatan yang datang termasuk dalam situasi bola mati pada menit ke-74, sayang sundulan Bjorn Meijer masih melabung tipis di atas mistar gawang.

Tujuh menit kemudian justru Ajax yang memperoleh gol ketiga mereka saat Lisandro Martinez mengirimkan umpan terobosan cermat yang bisa dikejar dan diselesaikan secara sempurna oleh Mazraoui demi mengunci kemenangan 3-0 bagi tuan rumah.

Ajax tentu berambisi melanjutkan catatan sempurna mereka saat menjamu Utrecht di Johan Cruijff Arena pada Minggu pekan depan, lima hari setelah menghadapi Besiktas di tempat yang sama untuk lanjutan fase grup Liga Champions.

Sementara Groningen bakal memburu cara kembali ke jalur kemenangan saat kandang mereka di Euroborg kedatangan Twente pada Jumat pekan depan.

Baca juga: PSV tersungkur di markas Willem

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021