Berlin (ANTARA News/AFP) - Borussia Dortmund menambah keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Utama Jerman (Bundesliga) menjadi 13 poin, Jumat, membobol Bayer Leverkusen dengan tiga gol hanya dalam enam menit untuk meraih kemenangan tandang yang mengesankan 3-1.

Setelah mengawali 2011 dengan unggul 10 poin, Dortmund menghasilkan gol pada babak kedua berturut-turut dengan cepat dari pemain remaja Mario Goetze dan dua dari pemain berusia 22 tahun Kevin Grosskreutz untuk memastikan kemenangan.

Dengan hasil seperti itu, Dortmund bisa mulai bermimpi untuk meraih gelar Jerman pertama mereka sejak 2002.

"Saya sudah menyaksikan Dortmund sejak 1994 dan saya tahu seperti apa rasanya memenangi gelar liga sebagai fans di tribun," kata Grosskreutz.

"Saya sudah memimpikan ini sejak saya kecil dan saya ingin memegang piala di tangan saya."

Meskipun Leverkusen pulih kembali pada 15 menit terakhir dalam pertandingan tersebut, pelatih Dortmund Jurgen Klopp, jelas gembira dengan kemenangan tandang timnya.

"Rencananya adalah untuk melanjutkan memainkan gaya permainan sepak bola kami sendiri, dan kami berhasil," kata Klopp.

"Gol pertama menghilangkan ketegangan dan kami belum nyaman sampai kami mendapatkan gol ketiga."

Penampilan berbahaya Dortmund pada babak kedua dibayangi penantian kembalinya kapten Jerman Michael Ballack dari cedera kaki yang membuatnya absen sejak September.

Pelatih Leverkusen Jupp Heynckes memilih menunda kembalinya pemain veteran itu dengan menyimpannya di bangku cadangan sepanjang pertandingan.

Kiper Leverkusen Rene Adler sangat sibuk pada malam itu.

Grosskreutz, yang dinilai akan menjadi bintang masa depan Jerman, membuka skor dengan menyarangkan bola pada menit ke-49.

Empat menit kemudian, gelandang serang itu menembakkan tendangannya menghindari Adler setelah tendangan dari gawang kiper Dortmund Roman Weidenfeller diarahkan oleh striker Robert Lewandowski menuju Grosskreutz untuk diarahkan ke gawang.

Dan penderitaan Leverkusen genap ketika Grosskreutz menjadi pengumpan saat Goetze memperdaya Adler untuk ketiga kalinya dari jarak dekat pada menit ke-55.

Hanya penyelamatan yang hebat dari Adler yang menghindarkan mereka tertinggal 0-4 ketika pemain cadangan Lucas Barrios menembakkan tendangannya dari sayap kiri yang membuat kiper nasional itu harus bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya.

Saat waktu tersisa 10 menit, penyerang Leverkusen Steffan Kiessling membalaskan satu gol bagi tim tuan rumah ketika ia mengunci umpan silang dari Renato Augusto untuk menusuk ke gawang.

Hasil tersebut membuat Leverkusen turun ke urutan ketiga, sementara juara bertahan Bayern Munich membuka laga mereka pada 2011 dengan defisit 17 poin harus mengejar ketinggalan saat bertemu Wolfsburg pada Sabtu. (F005/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011