Jakarta (ANTARA News) - Asisten pelatih Timnas U-23 Indonesia, Wolfgang Pikal, mengatakan pelatih kepala Alfred Riedl tentunya akan memilih pemain yang memiliki kualitas untuk dapat tampil di ajang Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011.

"Semua pemain pemain harus ada kualitas," kata Pikal di Jakarta, Sabtu, ketika disinggung kreteria pelatih Alfred Riedl untuk pemain muda Indonesia yang lolos masuk pelatnas Timnas dari seleksi tiga gelombang diikuti 90 pemain itu.

Pikal mencontohkan, untuk posisi kiper dan pemain bek tengah untuk posisi pertahanan diperlukan seorang pemain yang memiliki postur tinggi.

"Sementara untuk pemain sayap dibutuhkan adalah seorang pemain yang memiliki kecepatan dan mampu berhadapan satu lawan satu," katanya.

Jajaran pelatih sendiri saat ini masih melakukan seleksi untuk timnas SEA Games dan Pra Olimpiade.

Sebanyak 25 pemain muda yang menjalani seleksi gelombang ketiga di lapangan Timnas, Jakarta, Sabtu pagi.

Untuk satu pemain naturalisasi Vincent Partosoebroto, menurut Pikal, sudah dicoret. Namun, Pikal tak menyebut alasan pencoretan Vincent tersebut.

Sebelumnya, dari seleksi dua gelombang sejak 7 Januari lalu., pelatih Timnas asal Austria Alfred Riedl sempat mengatakan, telah memiliki kerangka Timnas muda Indonesia.

Dia sudah mengantongi sekitar 20 nama yang dinilai layak untuk masuk pelatnas.

Alfred sendiri dikenal sebagai pelatih yang cukup disiplin dalam latihan. "Nama-nama sudah ada dipikiran saya. Yang jelas, kami membutuhkan pemain yang disiplin," katanya.

Sesuai dengan jadwal pemusatan latihan untuk Pra Olimpiade dilakukan 24 Januari hingga 9 Maret. Untuk pertandingan pertamanya, Timnas akan menghadapi Turkmenistan, 23 Februari di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Badan Tim Nasional PSSI akan mengumumkan nama-nama pemain yang akan memperkuat timnas Pra Olimpiade pada 17 Januari.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011