Jakarta (ANTARA News) - Makarim Wibisino menerima jabatan Direktur Eksekutif ASEAN Foundation untuk tiga tahun ke depan dari pejabat lama, Dr. Filemon A. Uriarte, Jr. pada Senin (17/1) di Jakarta.

Sebelumnya, Makarim adalah diplomat senior yang pernah beberapa kali menjadi Duta Besar Berkuasa Penuh di beberapa negara termasuk menjadi Dirjen Asia Pasific and Afrika Kementerian Luar Negeri (2002-2004) dan mengetuai delegasi Indonesia untuk rapat-rapat dan pertemuan ASEAN, ASEAN+3, ASEAN Regional Forum.

Makarim yang meraih gelar doktornya di bidang Ilmu Politik dari Ohio State University Amerika Serikat berharap dapat meneruskan usaha Filemon untuk mempromosikan tujuan-tujuan ASEAN Foundation dalam membangun Komunitas ASEAN.

Dengan pengalamannya di dunia diplomatik baik di tingkat ASEAN maupun di tingkat multilateral di badan-badan PBB dan juga aktif di sektor swasta dan perguruan tinggi, Makarim berupaya untuk mendorong interaksi berbagai pemangku kepentingan dalam ASEAN.

ASEAN Foundation didirikan oleh para pimpinan ASEAN pada tahun 1997 untuk mempromosikan kesadaran dan identitas ASEAN, mendorong interaksi di kalangan berbagai stakeholder ASEAN serta membantu menyelesaikan masalah-masalah kesenjangan sosial dan ekonomi di kawasan ini.

Dalam Artikel 15 Piagam ASEAN, ASEAN Foundation diberi mandat untuk mempromosikan kesadaran ASEAN, interaksi "people-to-people" serta kolaborasi di kalangan sektor bisnis, masyrakat, akademis di kawasan ASEAN.

Sejak dibangunnya ASEAN Foundation, badan ini telah mendukung secara financial lebih dari 100 project pembangunan di seantero kawasan ASEAN.(*)
(TZ.KR-DLN/M016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011