Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, menilai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati tanggal 1 Oktober merupakan momentum bagi komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, mengajak seluruh komponen bangsa untuk kembali memaknai nilai-nilai luhur yang terdapat dalam setiap sila Pancasila, sehingga dapat kita implementasikan dalam sikap berkehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim Jaksel bersihkan lingkungan

Ia mengimbau para pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar terus menanamkan makna Pancasila dalam diri, memahami wujud implementasi.

Selain itu menurut dia, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya agar seluruh masyarakat Indonesia tertanam jiwa patriot yang Pancasilais.

Baca juga: Wali Kota Bandung: Pancasila sudah final

"Seluruh kementerian, lembaga, dan instansi bersama masyarakat agar memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai Indonesia yang lebih baik, melalui kebijakan-kebijakan maupun peraturan yang ditetapkan berlandaskan Pancasila, dikarenakan Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap warga negara Indonesia wajib menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi negara dan dasar negara yaitu Pancasila.

Baca juga: Sosiolog: Pancasila jangan hanya sebatas butir hafalan

Menurut dia, negara yang besar adalah negara yang tidak melupakan sejarah perjuangan dari pahlawannya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021