Jayapura (ANTARA) - Tim sepak bola putra Sumatera Utara memenangkan laga melawan Sulawesi Selatan dengan skor tipis 1-0 di Stadion Mahacandra Uncen, Jayapura pada penyisihan Grup B Pon Papua XX 2021.

Kemenangan ini membuat Sumatera Utara membuka peluang lolos ke babak enam besar. Sedangkan bagi Sulawesi Selatan, hasil ini membuat mereka semakin sulit untuk menembus babak selanjutnya.

Pada awal babak pertama, Sumut lebih bisa menguasai pertandingan dan kerap menekan lini pertahanan Sulsel. Mereka juga beberapa kali mengancam gawang yang dijaga oleh Muh Rizaldy R.

Peluang pertama Sumut muncul saat penyerang Rio Syahputra Damanik lolos dari jebakan offside, namun tembakannya masih menyamping di sisi kanan gawang Sulsel.

Baca juga: Sepak bola PON Papua: Sulsel dan Sumut berburu kemenangan perdana 

Sumut kembali mengancam gawacng Sulsel ketika penyerang Faisal Romadoni menerima umpan dari sisi kiri, namun sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Selanjutnya giliran Sulsel yang mengancam gawang Sumut melalui penyerang Al Asyahri Tahmil, tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh kiper Sumut Muhammad Irfan.

Sulsel kembali mempunyai peluang emas ketika gelandang Anugrah melepaskan tembakan ke gawang Sumut, namun masih bisa diamankan oleh penjaga gawang.

Kedua tim selanjutnya saling lempar serangan, tapi tidak ada peluang yang membahayakan sehingga skor sama kuat 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Pertandingan babak kedua dimulai dengan tempo yang relatif lambat, dan hanya sesekali kedua tim memberikan ancaman. 

Baca juga: Tim sepak bola Sumut ditahan imbang 1-1 oleh Jateng 

Sumut akhirnya memecah kebuntuan pada pertengahan babak kedua melalui gelandang Kevin Armedyah Nur Erwihas yang melesakkan bola ke pojok atas gawang Sulsel, yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Usai kebobolan, Sulsel berusaha untuk mengejar ketertinggalan, namun tidak dapat menemui hasil. Sedangkan Sumut sesekali memberikan ancaman.

Hingga pertandingan usai, Sumut tetap menjaga keunggulan mereka dan memastikan kemenangan atas Sulsel dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan ini membuat Sumut untuk sementara berada di puncak klasemen sementara Grup B cabang olahraga sepak bola putra dengan raihan empat poin, sedangkan Sulsel tetap berada di dasar klasemen dengan nirpoin.

Selanjutnya dijadwalkan Sumatera Utara menghadapi tim tangguh Jawa Timur di Stadion Mahacandra Uncen dan Sulawesi Selatan akan berhadapan dengan Jawa Tengah pada Senin (4/10) pukul 15.00 WIT. 

Baca juga: Tim sepak bola Sumut terus matangkan persiapan hadapi PON Papua 
Baca juga: Sepak Bola PON Sumut masuk grup berat 

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021