Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 5x5 putri Jawa Timur sempat mendapat perlawanan ketat di awal pertandingan saat berhadapan Jawa Barat sebelum meraih kemenangan kedua di Pool X PON Papua dengan menundukkan lawan 62-45 di Mimika Sport Complex, Mimika, Jumat.

Sebelumnya, Jawa Timur sudah mengandaskan Jawa Tengah. Sementara Jawa Barat menelan kekalahan kedua lantaran dikalahkan Bali pada Kamis (30/9).

Pertandingan Jawa Barat versus Jawa Timur berjalan dengan ketat sejak kuarter pertama. Skor sempat imbang 8-8  berkat dua lemparan bebas Dara Tahirah masuk sempurna ke keranjang Jawa Timur.

Setelah itu, Jawa Barat kemudian tak terhentikan. Mereka menciptakan tujuh poin secara beruntun dan menguasai kuarter pertama dengan skor 15-8.

Pada paruh kedua pemain Jawa Timur Christine Tjundawan membuka poin tetapi Clarita Senjaya semakin melebarkan jarak skor Jawa Barat, 19-9. Christine Tjundawan beraksi lagi, tetapi Jawa Barat tetap di depan hingga laga memasuki masa jeda, 25-17.

Usai turun minum, pertandingan semakin seru setelah dua angka Faizzatus Shoimah masuk dan membuat ketinggalan Jawa Timur tinggal dua angka, 25-27.

Faizzatus sangat impresif pada kuarter ketiga ini. Poin demi poin yang dihasilkannya sukses membuat Jawa Timur menyamakan kedudukan 34-34 pada akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter pamungkas, Jawa Timur sangat bersemangat untuk menambah pundi-pundi poin. Christine Tjundawan menghasilkan lima poin, Jawa Timur menjauh 45-36.

Faizzatus dan Adelaide Wongsohardjo mengantar Jawa Timur semakin tak terkejar, 53-41. Jawa Timur pun menutup laga itu dengan kemenangan 62-45 setelah empat lemparan bebas dari Faizzatus Shoimah dan Christine Tjundawan berbuah angka.

Christine Tjundawan pun menjadi bintang di Jawa Timur setelah membuat 26 poin, 11 rebound dan tiga assist dalam laga tersebut.

Di kubu Jawa Barat, catatan tertinggi dibuat Nur Indah Qur'ani yaitu sembilan poin dan lima rebound.

Kemenangan Jawa Timur itu membuat mereka memimpin klasemen Pool X dengan empat poin dan membuka lebar jalan mereka lolos ke semifinal.

Baca juga: Langkah DKI Jakarta mulus di Pool A setelah tundukkan Banten 85-58
Baca juga: Bali kalahkan Jawa Barat 56-47 bola basket putri 5x5 PON Papua
Baca juga: Tim basket putri Jawa Timur tundukkan Jawa Tengah 65-51

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021