Mimika (ANTARA) - Tim bola basket putra Jawa Tengah menjaga asa lolos ke semifinal PON XX Papua setelah menaklukkan Banten 76-60 pada laga Pool A di Mimika Sport Complex, Mimika, Minggu.

Hasil tersebut membuat Jawa Tengah sudah mencatatkan dua kemenangan dari tiga laga Pool A yang membuat mereka mengoleksi lima poin.

Jawa Tengah dipastikan lolos ke fase empat besar andai menundukkan DKI Jakarta pada laga pamungkas Rabu pekan depan, tetapi dengan syarat DKI Jakarta takluk terlebih dahulu dari Jawa Barat pada pertandingan Minggu malam ini.

Andai Jawa Tengah menang melawan  Jakarta yang mengalahkan Jawa Barat, maka kelolosan Jawa Tengah ke semifinal ditentukan selisih skor.

Baca juga: Pelatih basket Papua hargai perjuangan tim setelah kalah dari Sulsel

Banten dipastikan tidak lolos dari fase grup setelah kalah pada tiga laga Pool A.

Pada laga kontra Banten, Jawa Tengah yang mengandalkan forward Habib Tito Aji mendominasi laga.

Jawa Tengah bahkan memimpin 10 poin pada kedudukan 17-7 sekitar satu menit sebelum kuarter pertama usai sebelum Agassi Goantara memperkecil ketinggalan Banten menjadi 9-17 pada akhir kuarter.

Tertinggal enam poin, Banten menggigit pada kuarter kedua. Dua poin lemparan Agassi Goantara mendekatkan jarak menjadi 26-27, tetapi Habib Tito Aji membuat timnya menjauh 31-28. Kuarter ini tuntas dengan skor 31-30 untuk digenggam Jawa Tengah.

Baca juga: Pelatih Sulsel: melaju ke semifinal PON Papua lebihi target

Usai jeda, Banten kembali tercecer. Lemparan lompat Tifan Pradita menegaskan selisih 12 poin Jawa Tengah dengan lawannya 50-38. Banten berusaha mengejar, tetapi Jawa Tengag tak tersusul untuk kemudian menutup kuarter ketiga dengan 59-49.

Pada kuarter terakhir, Jawa Tengah menunjukkan mereka pantas menjadi pemenang laga ini. Banten yang tak diberi waktu bernapas mau tak mau mesti mengakui kekalahan 60-76.

Seperti pada dua laga sebelumnya, Habib Tito Aji lagi-lagi menjadi pemain dengan catatan terbaik di Jawa Tengah melawan Banten setelah membuat "double-double", 28 poin, 16 rebound dan tiga assist.

Sementara Agassi Goantara memimpin perolehan poin Banten dengan menorehkan 30 poin, 10 rebound dan empat assist.

Baca juga: Jadwal pertandingan bola basket Minggu, ada DKI Jakarta versus Jabar

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021