Kami mohon maaf kepada masyarakat Jawa Timur karena belum mampu mencapai medali di PON kali ini
Jayapura (ANTARA) - Tim voli putri Jawa Timur tersisih meski pada pertandingan pamungkas penyisihan Grup X Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di GOR Koya Yoso Jayapura, Senin, mampu mengalahkan Papua Barat dengan skor 3-0.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat Jawa Timur karena belum mampu mencapai medali di PON kali ini,” ujar Pelatih Voli Putri Jatim Taufiq Hidayat ditemui usai pertandingan.

Voli putri Jatim gagal menyamai prestasi di PON XIX tahun 2016 yang saat itu mampu meraih medali perak. Bahkan, gagal memenuhi target membawa pulang medali emas yang sejak PON XVI tahun 2004 belum pernah diraih.

Baca juga: Voli putri Jatim dihajar Jabar

Di babak penyisihan grup, Khalisa Azilia dan kawan-kawan menelan kekalahan dua kali melawan Jawa Tengah serta Jawa Barat, hanya menang sekali menghadapi Papua Barat.

“Anak-anak telah berusaha maksimal dan nilai positifnya adalah tren semakin membaik dari pertandingan ke pertandingan. Anak-anak mentalnya juga terjaga untuk menang,” ucapnya.

Pada pertandingan babak penyisihan grup terakhir, kedua tim sama-sama butuh kemenangan untuk memperbaiki rangking.

Sejak set awal, persaingan skor sangat ketat. Namun, Jatim di akhir-akhir set tak membiarkan kehilangan poin dan menang 25-23.

Set kedua juga berjalan sangat ketat. Kejar-mengejar angka terjadi sejak awal, bahkan selisihnya tak pernah lebih dari dua angka. Setelah skor 20-18, Jatim lebih percaya diri dan mengakhirinya di angka 25-22.

Set ketiga, Jatim dan Papua Barat tetap tampil ngotot, dan selisih skor juga saling mengejar. Jatim sempat unggul 11-8, tapi dipangkas jaraknya oleh Savira Dwi hingga 11-10.

Baca juga: Pelatih-pemain voli putri Papua menangis usai kalahkan DKI Jakarta

Pelatih Jatim kemudian menginstruksikan anak asuhnya tetap tenang dan mampu kembali menjauh dengan skor 14-10.

Skor kembali ketat saat Jatim hanya unggul 16-15 hingga membuat Pelatih Taufiq Hidayat meminta time out. Sempat disamakan 16-16, Jatim unggul 18-16.

Papua Barat tak menyerah begitu saja, dan sempat menyamakan kedudukan pada skor 20-20, 21-21 dan unggul 22-21. Di penghujung set, kedudukan menjadi 24-24 sehingga memaksa deuce.

Dengan ketenangan dan pengalaman pemain, Jatim menutup pertandingan di angka 28-26. Hasil tersebut sekaligus memastikan Jatim menang dengan skor 3-0.

Di Grup X, babak penyisihan hanya menyisakan pertandingan antara tim voli putri Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah dipastikan melaju ke babak berikutnya, namun harus bersaing untuk menentukan pemimpin klasemen grup.

Baca juga: Aprilio Manganang jadi motivasi tim voli putri Sulut raih medali

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021