Jayapura (ANTARA) - Jawa Tengah menduduki urutan pertama lomba paralayang pada tiga dari empat nomor lintas alam, yakni individu putra, beregu putra dan beregu putri.

Meet Director (MD) untuk kegiatan Paralayang di PON XX Papua 2021 Alfari Widyasmara kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan cabang olahraga tersebut pada hari keempat telah menyelesaikan babak pertama nomor Lintas Alam (Cross Country), baik untuk kategori individual putra, individual putri, beregu putra dan beregu putri.

"Lomba nomor tandem lintas alam ini, dimulai sejak pukul 10 pagi di mana biasanya mulai lomba paralayang lintas alam adalah siang hari, namun di Tanah Papua ini, potensi thermal sudah terbentuk sejak pagi hari, sehingga dapat mulai kegiatan ini sejak awal," katanya.

Baca juga: Ketua umum KONI puji lokasi paralayang PON XX Papua yang memukau

Sementara itu, Ketua Paralayang Indonesia Wahyu Yudha mengatakan cabang olahraga nomor lintas alam adalah terbang setinggi-tingginya, dan secepat-cepatnya, guna dapat memenuhi rute (waypoints) yang sudah ditentukan.

"Pemenang dari nomor ini adalah atlet yang dapat memenuhi rute secara lengkap, dan mencapai garis finish secara cepat," katanya.

Menurut Wahyu, paralayang nomor lintas alam adalah nomor lomba yang harus mengandalkan angin serta thermal secara baik.

"Hal ini guna dapat mempertahankan paralayang di udara setinggi mungkin, dan memenuhi rute yang ada secepat mungkin," ujarnya.

Baca juga: Paralayang selesaikan nomor tandem ketepatan mendarat
Baca juga: Paralayang selesaikan babak keempat nomor "accuracy"


Dia menambahkan nomor lintas alam ini diikuti oleh seluruh atlet yang terdiri dari 46 atlet putra dan 18 atlet putri yang berasal dari sembilan provinsi, di mana kegiatan ini dilaksanakan di arena paralayang Kampung Buton, Kota Jayapura.

Hasil dari lomba paralayang nomor lintas alam, yakni nomor individu putra untuk urutan pertama Damar Aziz Prasidya (Jateng), urutan kedua M Rizky Dhermawan (Jatim) dan urutan ketiga Rio Indrakusumah (DKI).

Sedangkan nomor individu putri untuk urutan pertama Rina Kusuma Ningrum (Sumbar), urutan kedua Pricilla Monica Runtulalo (DKI), urutan ketiga Tini Mariana Pertiwi (Jateng).

Selanjutnya nomor beregu putra untuk urutan pertama Jateng, urutan kedua Jatim, urutan ketiga DKI Jakarta.

Kemudian nomor beregu putri untuk urutan pertama Jateng, urutan kedua DKI Jakarta dan urutan ketiga Jatim.

Baca juga: Tim paralayang Jabar andalkan Milawati Sirin curi emas PON Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021