Southampton (ANTARA News) - Javier Hernandez membawa Manchester United meraih tempat dalam putaran kelima Piala FA saat striker asal Meksiko itu memastikan timnya meraih kemenangan 2-1 atas tim League One Southampton, Sabtu.

United terancam tersingkir dari kompetisi tersebut secara memalukan setelah tertinggal oleh tim tuan rumah, yang unggul pada menit ke-44 melalui gol Richard Chaplow.

Namun saat pemain tengah Wales Ryan Giggs dimasukkan pada babak kedua, ia membantu mengubah haluan di St Mary`s saat Michael Owen dan Hernandez mencetak gol usai turun minum.

Dua gol tersebut menyelamatkan bos United Sir Alex Ferguson dari pemeriksaan atas keputusannya menurunkan tim cadangan.

Pemilihan pemain yang dilakukan Ferguson menunjukkan keyakinannya bahwa Southampton tidak akan banyak menyulitkan timnya, dengan melakukan tujuh perubahan dari susunan pemain awal di Blackpool empat hari sebelumnya.

Penjaga gawang Anders Lindegaard diturunkan untuk pertama kalinya sejak kepindahan dari tim asal Denmark Aalesund, sementara Owen baru kelima kalinya menjadi pemain inti pada musim yang terganggu cedera itu.

Mantan striker Inggris itu diberi peran di lini tengah yang tidak lazim, beroperasi di belakang Hernandez dan Gabriel Obertan dan dengan jelas kesulitan tampil mengesankan.

Owen menghasilkan peluang pertama bagi United dalam pertandingan tersebut, saling bertukar umpan dengan Obertan sebelum tembakannya sedikit melebar pada menit ke-11.

Beberapa saat kemudian ia hampir memperdaya kiper Southampton Bartosz Bialkowski dengan umpan silang yang melengkung melewati kiper tersebut dan memantul gawang.

Akan tetapi, bahkan sebelum itu, Southampton sudah mengancam dengan usaha bek kiri mereka Dan Harding yang dinyatakan "offside".

Dan setelah Owen beberapa kali mengancam, Saints mengambil kendali pertandingan.

Usaha jarak jauh Rickie Lambert sedikit di atas mistar gawang sebelum bek tengah Jose Fonte menyebabkan kekacauan di sudut.

Bukan kejutan ketika akhirnya pertahanan United berhasil ditembus saat serangan balik pada pertengahan pertandingan melalui penyelesaian yang baik dari Chaplow.

Southampton terbantu oleh pertahanan United yang lemah, yang memberi kesempatan Chaplow untuk membidik gawang dengan jelas.

Dan mantan pemain nasional U-21 Inggris itu tanpa kesalahan memanfaatkan peluang tersebut, melesakkan tendangan voli kerasnya bagian atas jaring.

Fabio digantikan oleh Wes Brown saat jeda pertandingan ketika Ferguson berusaha untuk memperkuat timnya yang lemah namun belum juga membuahkan hasil.

Mereka bisa semakin tertinggal jika Harding menghasilkan penyelesaian yang baik pada menit ke-54.

Ferguson akhirnya memasukkan pemain berpengalaman Ryan Giggs dan Nani sebelum waktu menunjukkan satu jam saat mendorong Owen ke posisi menyerang.

Tinakan tersebut segera membuahkan hasil ketika Owen menunjukkan instingnya sebagai penyerang yang pernah membuatnya menjadi pesepak bola terbaik, ketika ia menerima umpan silang dari sayap kanan dan menyundulnya melewati Bialkowski.

Momentumnya sekarang berada di tangan tim tamu, meskipun Southampton belum berakhir.

Harding dan Chamberlain bekerja sama memperdaya empat bek tim tamu ketika Harding mengarahkan tendangan menyilang rendah yang melebar dari gawang.

Namun itu adalah peluang terakhir tim tuan rumah untuk memenangi pertandingan ketika akhirnya United mencetak gol kemenangan pada menit ke-76 dari Hernandez.
(F005/A033/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011