Muaraenim, Sumsel (ANTARA News) - Puluhan warga Kecamatan Semende, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan terkena penyakit cacar.

Informasi dari warga di Muaraenim, Minggu, menyebutkan di antara puluhan warga yang mengalami sakit cacar, yaitu Aldo Akbar (4), Aldi Yuliansyah (11), Febri (12), Herman (18), Liani (14), Lia (6), dan Asmina (41).

"Penyakit cacar menyerang cukup cepat, sehingga dalam waktu beberapa hari saja sudah menyebar kepada hampir sebagian besar penduduk di Kecamatan Semende," kata Kepala Desa Gunung Agung, Khairudin.

Menurut dia, baru sekitar satu minggu sudah puluhan warga terutama usia muda mulai terjangkit penyakit cacar tersebut, sehingga membuat sebagian warga setempat khawatir dan resah.

"Terlihat beberapa warga ada yang terkena penyakit cacar mengalami gejala panas tinggi, menggigil dan anggota tubuh menjadi ngilu," ujar dia.

Ia menyatakan, setelah gejala itu dirasakan, kemudian timbul bintik-bintik putih yang mengandung air memenuhi hampir seluruh bagian tubuh.

"Munculnya gelembung yang berisi air itu, juga disertai dengan rasa gatal dan perih serta kepala pusing," kata dia pula.

Dia menambahkan, meskipun sudah berobat ke dokter, terkadang butuh waktu satu minggu baru gelembung air di tubuh penderitanya pecah.

"Kami merasa aneh mengapa penularan cacar ini cukup cepat dan dalam waktu satu minggu sudah puluhan warga yang tertular," kata dia lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Muaraenim, dr H Yan Riadi MARS, mengatakan pihaknya akan segera menurunkan tim dari puskesmas terdekat untuk menindaklanjutinya untuk melakukan pengobatan.

"Jika kondisinya sudah meluas, tentu akan dibantu oleh tim kesehatan dari Kabupaten Muaraenim," kata dia pula. (U005*B014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011