Pekanbaru (ANTARA News) - Peringatan malam tahun baru Imlek 2562 di Pekanbaru semarak dengan pesta kembang api dan juga pergelaran tambur yang disaksikan ribuan masyarakat Thionghoa di Pekanbaru.

Perayaan Imlek pada tahun ini dipusatkan di Vihara Tri Dharma Dewi Sakti. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Vihara Dharma Loka. Sejak sore masyarakat yang merayakan Imlek mulai berdatangan ke Vihara.

"Menyambut pergantian tahun harus dirayakan semarak. Apalagi kita akan memasuki tahun kelinci, dimana menurut kalendar Cina merupakan tahun penuh kedamaian," kata Toni, salah seorang panitia Imlek di Pekanbaru.

Ia mengatakan perayaan Imlek pada tahun ini memang tidak sesemarak pada tahun lalu. Dikarenakan ada beberapa vihara juga yang melaksanakannya. Namun lebih dari itu, lanjutnya, yang terpenting adalah maknanya.

"Beberapa kegiatan telah kita lakukan sebelum Imlek berlangsung diantaranya membagikan sembako kepada masyarakat yang kurang beruntung dan berdoa agar tahun kelinci lebih baik dari tahun sebelumnya," tukas dia.

Ia mengharapkan semoga tahun baru tersebut membawa berkah dan kepedulian terhadap sesama manusia.

Salah seorang masyarakat Thiongha, Darwin, mengharapkan tahun baru ini akan membawa harapan baru bagi dirinya.

"Saya berharap tahun baru ini akan membawa keberuntungan bagi saya. Apalagi tahun ini merupakan tahun kelinci yang tidak sekeras tahun lalu yang merupakan tahun macan," kata dia. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011