Pertandingan ini sangat penting. Saya berharap Indonesia bisa mengalahkan Jerman
Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengingatkan tim bulu tangkis putri Indonesia agar tidak lengah saat menghadapi Jerman pada laga penyisihan pertama Grup A Piala Uber.

Tim Uber Indonesia masuk dalam Grup A bersama dengan Jerman, Prancis dan Jepang. Partai penyisihan grup akan dimulai pada Sabtu, 9 Oktober 2021, pukul 08.30 waktu Aarhus, Denmark, atau pukul 13.30 WIB.

“Para pemain saya minta tampil lepas dan all out, jangan sampai lengah. Pertandingan ini sangat penting. Saya berharap Indonesia bisa mengalahkan Jerman. Semua sektor diharapkan bisa menang dan menyumbangkan angka,” kata Rionny dalam keterangan resmi PP PBSI yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Sehari sebelum pertandingan, Rionny memimpin latihan tim Indonesia di Ceres Arena, Aarhus, Jumat (8/10) siang waktu setempat. Latihan yang berlangsung selama satu jam ini digunakan untuk melihat kesiapan terakhir pemain sebelum bertanding.

Menurut Rionny, latihan tersebut juga dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pemain putri untuk mematangkan persiapan mereka sebelum menghadapi Jerman, sekaligus beradaptasi dengan kondisi lapangan.

Baca juga: BWF umumkan jadwal baru Piala Thomas dan Uber 2021

“Kesempatan latihan terakhir sebelum melawan Jerman itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemain tim Piala Uber. Saya lihat kondisi pemain putri juga sehat dan tetap semangat,” ujar Rionny.

Terkait laga kontra Jerman, ia memastikan skuad Merah Putih akan menampilkan kekuatan terbaik dan siap tampil habis-habisan.

“Tim inti bakal diturunkan demi memetik kemenangan. Kita kerahkan kekuatan terbaik saat melawan Jerman besok,” tegas Rionny.

Pemain ganda putri Apriyani Rahayu mengaku siap mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Ia dan rekan-rekannya juga menyatakan siap mengemban tugas apabila diminta untuk bertanding.

“Saya sendiri siap bila dipercaya turun bertanding. Saya ke sini tentu ingin main dan memberikan penampilan yang maksimal,” tutur Apriyani.

Baca juga: PBSI berharap pebulu tangkis muda dorong capaian gelar di Thomas-Uber

Di mata Apriyani, kekuatan putri Jerman tidak boleh diremehkan. Ia menilai Jerman memiliki pemain yang bisa menyulitkan, baik tunggal maupun ganda.

“Oleh karena itu, kita harus selalu waspada. Lengah sedikit itu sangat berbahaya. Kita tidak boleh lengah melawan Jerman,” ungkap Apriyani.

Ia pun mengungkapkan modal menghadapi Jerman, di antaranya kebersamaan dan kekompakan tim yang harus terus dijaga. Selain itu, komunikasi antarsesama anggota tim juga harus selalu terjalin dengan baik.

“Kemarin kita bersama-sama sudah bertemu psikolog. Kami juga sudah ngobrol bareng, saling mendukung. Kami harus selalu respek dan siap mendukung satu sama lain,” pungkas Apriyani.

Sementara itu, Tim Piala Thomas Indonesia masuk dalam Grup A bersama dengan Aljazair, Thailand dan Taiwan. Partai penyisihan grup akan dimulai pada Sabtu, 9 Oktober 2021, pukul 19.00 waktu Aarhus, Denmark, atau Minggu dini hari pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Inggris mundur dari Piala Thomas
Baca juga: PBSI berikan arahan non-teknis bagi pemain turnamen beregu Eropa


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021