Las Rozas, Spanyol (ANTARA News/Reuters) - Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque dianugraghi gelar kehormatan Marquis oleh Raja Juan Carlos, Jumat, setelah berhasil membawa tim nasional meraih kemenangan di Piala Dunia tahun lalu.

Del Bosque diberi penghargaan tersebut atas kontribusinya pada olahraga dan nilai-nilai olahraga.

"Raja ingin memberikan penghargaan pada juara dunia dan itu dilakukan melalui saya," kata Del Bosque dalam temu pers.

"Ini tanggungjawab tambahan. Penghargaan ini mengharuskan kami untuk berusaha untuk terus maju setiap hari. Saya membayangkan para pemain akan terus memanggil saya bos dan Vicente."

Setelah kekalahan 0-4 oleh Portugal pada pertandingan tandang terakhir Spanuyol, Del Bosque mengatakan bahwa dia ingin timnya bisa bangkit lagi sebelum kembali bermain untuk kualifikasi Euro 2012.

"Saya tidak ingin mengulang apa yang terjadi di Portugal," katanya.

Del Bosque masih memberi kepercayaan pada timnya yang menjadi juara di Afrika Selatan tahun lalu, dengan hanya Carles Puyol tidak masuk karena cedera, sementara Javi Martinez dan Juan Mata sudah bergabung ke tim U-21.

Del Bosque juga ditanya apakah dia sudah berbicara dengan striker baru Chelsea Fernando Torres setelah kepindahannya dari Liverpool tepat pada hari terakhir masa transfer, Senin.

"Saya belum bicara padanya," kata Del Bosque said. "Mengejutkan, tapi ini sebuah langkah maju dalam karirnya."

Spanyol akan bertanding persahabatan melawan Kolombia di Santiago Bernabeu stadium di Madrid pada 9 Februari dalam sebuah pertandingan yang bermanfaat untuk berkumpulnya para pemain Spanyol.

Mereka akan kembali untuk mempertahankan gelar kejuaraan Eropa pada 25 Maret di kandang melawan Republik Ceko dan empat hari kemudianb bertandang ke Lithuania. Spanyol menempati posisi puncak Grup I dengan tiga kali menang, unggul tiga poin di atas Ceko.

Berikut ini tim Spanyol:

Penjaga gawang: Iker Casillas (Real Madrid), Victor Valdes (Barcelona), Pepe Reina (Liverpool).

Pemain belakang: Alvaro Arbeloa (Real Madrid), Sergio Ramos (Real Madrid), Raul Albiol (Real Madrid), Gerard Pique (Barcelona), Carlos Marchena (Villarreal), Joan Capdevila (Villarreal).

Pemain tengah: Xavi (Barcelona), Xabi Alonso (Real Madrid), Andres Iniesta (Barcelona), Cesc Fabregas (Arsenal), Sergio Busquets (Barcelona), Santi Cazorla (Villarreal).

Pemain depan: David Silva (Manchester City), David Villa (Barcelona), Fernando Torres (Chelsea), Fernando Llorente (Athletic Bilbao), Jesus Navas (Sevilla), Pedro (Barcelona).(*)
(Uu.I015/BZ002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011