Jakarta (ANTARA News) - Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) menargetkan hingga 200 ribu orang untuk berwisata rohani dalam bentuk umrah, haji maupun kunjungan ke sejumlah negara Islam pada tahun ini. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding tahun 2009 yang mencapai 175 orang.

Wakil Sekjen Himpuh Muhammad Hasan di Jakarta, Minggu, mengatakan, peningkatan target tersebut lebih tinggi karena semakin besarnya animo masyarakat untuk menjalankan umrah dan menunaikan ibadah haji.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga telah membuka jalur penerbangan Jakarta-Jeddah dua kali sehari untuk mendukung tingginya animo masyarakat menjalankan umrah.

Khusus musim haji tahun lalu, pemerintah Indonesia memberikan jatah atau kuota bagi agen perjalanan Indonesia sebanyak 23.500 orang.

Agen-agen itulah yang menyelenggarakan Ongkos Naik Haji (ONH) Plus, sedangkan ONH regular diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini dikoordinasikan oleh Kementerian Agama. Tiap agen maksimal dijatah paling banyak memberangkatkan 200 orang jamaah haji.

Himpuh sendiri berupaya meningkatkan layanannya kepara para jemaah umrah dan haji dengan menyelenggarakan pameran perjalanan umrah dan haji yang dikemas dalam acara "The 2nd Umrah, Hajj, & Tourism International Fair 2011" pada 7-8 Februari di Hotel Grand Melia, Jakarta Selatan.

Ketua Umum Himpuh H. Baluki Ahmad mengatakan, pameran tersebut diikuti juga oleh sedikitnya 75 hotel, agen perjalanan, maskapai penerbangan, dan Badan Pariwisata negara-negara Timur Tengah (Timteng).

"Kami berharap terjadi banyak kontrak kerja sama antara anggota Himpuh dengan para pemangku kegiatan wisata bagi kaum muslim yang merupakan paket perjalanan umrah dan haji," katanya.

Menurut Baluki, setelah terjalin kontrak, para anggota Himpuh bisa menawarkan paket wisata rohani dalam bentuk umrah, haji, maupun kunjungan ke sejumlah negara Islam. Selain Saudi Arabia, Yordania, juga Palestina. "Sebetulnya Mesir juga, tapi saat ini sedang tidak memungkinkan kita kunjungi,? kata Baluki.

Saat ini anggota Himpuh mencapai 217 agen yang juga anggota Asita.

Mengenai berapa banyak rata-rata anggota Himpuh dapat menggaet wisatawan rohani tersebut, Hasan menyebutkan bervariasi. Dia menyontohkan salah satu anggota Himpuh yaitu Patuna, mampu memberangkatkan hingga 3.000 orang dalam setahun.

Bahkan, ada agen lainnya yang bisa memberangkatkan empat kali dalam sebulan. "Agen yang saya dirikan tahun 2003 bisa mengajak 1.500 orang dalam setahun," katanya.
(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011