Mimika (ANTARA) - Tim bola tangan putri Jawa Barat melangkah ke semifinal setelah menekuk Jawa Tengah dalam laga akhir penyisihan Grup B Putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Pada laga yang berlangsung di GOR Futsal Mimika, Papua, Senin, Jawa Barat mengalahkan Jawa Tengah dengan 13-10.

Kedua tim sama-sama bermain rapat sejak mulainya babak pertama sehingga membuat perubahan skor beranjak pelan.

Hingga babak pertama usai, Jawa Barat memimpin dengan skor 7-2 setelah berhasil mengolah peluang-peluang yang didapatkannya.

Baca juga: Juarai Grup A, bola tangan putra Jabar melenggang ke semifinal

Pada babak kedua, laga berlangsung semakin sengit namun skor yang didapat masih minim, terutama Jawa Tengah yang baru mengumpulkan dua gol.

Jawa Tengah terus berupaya mengejar ketertinggalan sampai mampu menambah delapan gol pada babak kedua, namun Jawa Barat tetap unggul dengan total 13 gol.

Gol dari Jawa Tengah lewat  lemparan Nanda menandai perolehan skor akhir 13-10 untuk kemenangan Jawa Barat yang bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini membuat Jawa Barat tampil sebagai juara grup dan berhak lolos ke babak semifinal bersama DKI Jakarta sebagai runner up yang telah mengantongi dua poin.

Baca juga: Tuan rumah lolos ke semifinal bola tangan PON Papua

Pada laga melawan DKI Jakarta sehari sebelumnya, Jawa Barat menang dengan skor 23-17 sehingga meraih dua poin yang digenapinya menjadi empat poin dalam laga penyisihan terakhir.

Sementara Jawa Tengah tersingkir dari grup karena tak mendapat poin setelah dua kali kalah melawan DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Pertandingan bola tangan PON Papua berlangsung mulai 9-14 Oktober 2021, diikuti sebanyak tujuh provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, dan Papua.

Namun, Provinsi Sumbar tak mengirimkan delegasi pada nomor bola tangan putri, sementara Jatim tidak mengirimkan kontingen di bola tangan putra.

Baca juga: Jadwal bola tangan: Delapan tim tuntaskan babak penyisihan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021