Tokopedia x Dekranas Luncurkan "Festival Fashion Lokal Jabar"

Tokopedia x Dekranas Luncurkan "Festival Fashion Lokal Jabar"

Peluncuran "Festival Fashion Lokal Jawa Barat" yang dihadiri oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya pada Senin (11/10/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) meluncurkan "Festival Fashion Lokal Jawa Barat".

"Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM termasuk yang bergerak di industri fesyen bisa meraja di negeri sendiri," ujar Aldhy Darmayo selaku Senior Lead Fashion Tokopedia dalam peluncuran "Festival Fashion Lokal Jabar" pada Senin.

Berdasarkan data internal Tokopedia, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual. Di sisi lain, terjadi peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat di Jawa Barat selama kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020.

Baca juga: UMKM lokal bagikan tips berjualan daring di tengah pandemi

"Kategori Fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021 di Jawa Barat. Animo tinggi dari masyarakat inilah yang melatarbelakangi kehadiran Festival Fashion Lokal Jawa Barat," kata Aldhy.

"Festival Fashion Lokal Jabar" mendapat dukungan dari Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya. Dia berharap kehadiran program ini dapat membantu dan mendorong pelaku UMKM dari hantaman pandemi COVID-19.

"Jadi mereka yang tidak dekat dengan teknologi bisa onboarding dengan digital dan pada akhirnya mereka akan bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, ini juga tentu akan membantu perkembangan perekonomian Jawa Barat itu sendiri," kata Atalia.

"Festival Fashion Lokal Jawa Barat" diikuti oleh banyak UMKM Jawa Barat, termasuk Nayara, Ame Raincoat dan Gonegani. Hingga 28 Oktober 2021, masyarakat bisa mendapat produk fesyen terkurasi buatan UMKM Jabar dengan beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, flash sale dan lain-lain.

Baca juga: Tak hanya soal pembiayaan, pembinaan digitalisasi UMKM juga diperlukan

Baca juga: Teten: Garda Transfumi lampaui target fasilitasi perizinan UMKM

Baca juga: Tokopedia mitra resmi PON XX Papua

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Banten ungkap transaksi palsu di lokapasar, raup Rp400 juta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar