"Ini yang saya kagumi dari pers, punya banyak cara untuk menyelesaikan masalah," demikian Jose Luis Gutteres.
Kupang (ANTARA News) - Wakil Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor, Jose Luis Gutteres, menyatakan bahwa bangsanya menyambut baik Hari Pers Nasional (HPN) Republik Indonesia acara puncaknya berlangsung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9 Februari 2011.

"Saya hadir di acara ini mewakili Perdana Menteri, Kay Rala Xanana Gusmao. Beliau menyampaikan salam hormat dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat pers, bangsa dan negara Indonesia," ujarnya saat menerima audiensi Ketua Umum HPN, Margiono, Ketua Panitia Pelaksana, Priyambodo RH, dan wartawan senior August Parengkuan di Hotel Kristal, Kupang, Selasa.

Gutteres mengemukakan, Xanana Gusmao sangat terharu sekaligus bangga dan berterima kasih atas penghargaan Medali Emas Persaudaraan Pers yang diberikan komunitas HPN 2011. "Ini memperlihatkan semangat kebersamaan di antara dua bangsa melalui jalur diplomasi pers. Ini bukti kita lebih menyongsong masa depan yang jauh lebih baik," ujarnya.

Politisi yang berlatar belakang pendidikan komunikasi informasi di Lisabon (Portugal) dan New York (Amerika Serikat) itu menilai, mayoritas wartawan di Timor Leste pernah belajar di Indonesia, bahkan hingga kini masih cukup banyak mahasiswa negerinya yang menuntut ilmu di Indonesia.

"Saya tidak pernah mendapat pendidikan Indonesia, namun saya melihat secara jelas bagaimana Indonesia adalah bagian dari sejatah dan kebudayaan kami, masyarakat Timor Leste," ujarnya.

Berkaitan dengan hubungan pers Indonesia dengan Timor Leste, ia menilai, harus lebih ditingkatkan lagi. Ia pun melihat ada berbagai upaya dari komunitas pers kedua negara menjalin kerja sama secara teknis. "Ini yang saya kagumi dari pers, punya banyak cara untuk menyelesaikan masalah," demikian Jose Luis Gutteres.

Sekira 50 wartawan Timor Leste ikut hadir dalam rangkaian acara HPN 2011 di Kupang, antara ain Konvensi Nasional Media Massa, Konvensi Nasional Provinsi Kepulauan dan Wilayah Perbatasan, serta Peluncuran 17 buku tercetak maupun digital (e-book) karya wartawan Indonesia yang diterbitkan komunitas pers nasional.

Komunitas HPN 2011 yang acara puncaknya dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melibatkan Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Grafika Pers (SGP).

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011