Mimika (ANTARA) - Atlet DKI Jakarta Diva Renata Jayadi memecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON) nomor lompat galah putri saat meraih medali emas nomor tersebut di cabang  atletik PON XX Papua.

Dalam pertandingan yang digelar di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Selasa, Diva berhasil meraih medali emas usai melakukan lompatan setinggi 4,00 meter.

Selain meraih emas, torehan tersebut juga mengantarkan Diva memecahkan rekor PON lompat galah putri milik Ni Putu Desi Margawaty dengan lompatan setinggi 3,65 meter yang dicetak pada PON XV Jawa Timur 2000.

Baca juga: Sri Mayasari raih emas 400 meter dan pecahkan rekor nasional 37 tahun

Dalam pertandingan tadi, Diva sempat mencoba untuk memecahkan rekor nasional milik Desi Margawaty dengan tinggi 4,10 meter yang dicetak pada 2002. Namun peraih ASEAN Schools Games (ASG) 2019 itu gagal melewati mistar pembatas.

Pertandingan lompat galah putri cabang olahraga atletik PON XX Papua diikuti dua peserta, sehingga medali yang diperebutkan hanya emas.

Atlet DKI Jakarta lainnya, Jelita Nara turut bertanding dengan mencatatkan lompatan terbaik setinggi 3,85 meter, yang juga melampaui rekor PON milik Desi.

Baca juga: "Raja" lari jarak jauh Agus Prayogo dulang emas 10.000 meter

Ditemui usai pertandingan, Diva mengaku tak menyangka bisa meraih emas dan memecahkan rekor PON. Dia mengatakan target di PON kali adalah mempertajam catatan lompatan pribadinya.

"Kalau aku yang penting lompat melewati rekor pribadi aku yaitu 3,83 meter yang dicetak waktu di ASEAN School Games di Semarang 2019," kata dara 19 tahun itu.

Diva mempersembahkan medali emas dan rekor tersebut untuk orang tua, pelatih, dan masyarakat DKI Jakarta yang telah mendukungnya selama ini.

Baca juga: Nida Nurul buka peluang raih emas sapta lomba putri PON Papua

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021