Jakarta (ANTARA News) – Dewan Pipinan Pusat Jaringan Nusantara (JN) meminta agar partai koalisi pendukung pemeritah menertibkan anggoatanya yang duduk di DPR, karena dinilai sikap para legislator dari partai koalisi itu akan menurunkan wibawa pemeritahan.

"Kami minta para Ketua umum partai koalisi agar bisa menertibkan anggotanya yang duduk di DPR,"  kata Ketua Pelaksana Harian DPP Jaringan Nusantara Iwan Yakobus Kurniawan kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Menurut Iwan, terkait upaya anggota Dewan yang sedang  menggalang hak angket mafia pajak, dinilai bukan solusi sebuah penyelesaian yang baik. Namun, dia menduga ini merupakan wilayah politis yang muaranya nanti adalah transaksi atau "tawar-menawar politik".

"Sikap anggot Dewan yang sedang menggalang dukungan panitia angket mafia pajak tersebut jelas perbuatan politis. Hal ini perlu kita cermati bersama. Pasti ada yang diinginkan oleh anggota Dewan tersebut," katanya.

Menurut Iwan, para pimpinan partai koalisi harus bersikap tegas agar menertibkan anggotanya yang duduk di DPR. Kalau hal ini tidak segera disikapi dikhawatirkan akan melemahkan kewibawan pemerinitah.

"Seharusnya, seluruh instrumen partai koalisi bisa menjaga pemerintahan bukan malah akan menjatuhkannya," kata Iwan.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, kelakuan anggota partai koalisi saat ini sudah banyak yang menyimpang dan seolah-olah mendelegitimasi pemerintah dan membangun upaya tawar-menawar politik.

"Satu cacatan buat kita bersama Pansus Century yang yang begitu menghebohkan kita bersama bahwa seakan-akan akrobator tersebut paling berbuat bagi negari ini. Ternyata hasilnya tetap pada proses dengan format hukum," katanya.(*)
(R009/K004)     

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011