Tenis

Petenis Inggris Norrie melaju ke final Indian Wells

Petenis Inggris Norrie melaju ke final Indian Wells

Turnamen tenis Indian Wells yang dijadwalkan pada Maret 2021 di California, Amerika Serikat, terpaksa diundur karena pandemi COVID-19 (ANTARA/Juns)

Jakarta (ANTARA) - Petenis Inggris Cameron Norrie mengalahkan Grigor Dimitrov 6-2, 6-4 pada Sabtu waktu setempat, untuk membukukan tempat di final Indian Wells Masters, dan menjadi finalis asal Inggris pertama sejak 2009.

Norrie yang berusia 26 tahun mengatasi Dimitrov dengan servis kuat, melontarkan empat ace, dan menembakkan sejumlah forehand dan backhand yang presisi dalam pertandingan selama satu jam 27 menit di lapangan stadion utama di California Selatan itu.

"Saya sangat gembira," kata Norrie seperti dikutip AFP, Minggu. "Sayangnya dia tidak memberikan yang terbaik hari ini.

Baca juga: Dimitrov kalahkan Medvedev di Indian Wells

"Saya sangat solid ... Saya berhasil melakukan servis dengan baik dan pada momen-momen besar saya mengeksekusi ketika saya membutuhkannya."

Norrie akan menghadapi pemenang semifinal antara petenis Georgia Nikoloz Basilashvili dan fovorit penonton Taylor Fritz dari Amerika Serikat.

Beberapa petenis Inggris telah mencapai final di gurun California itu tanpa hasil, termasuk Andy Murray, yang kalah oleh Rafael Nadal pada 2009.

Tim Henman kalah dalam dua kali final pada 2002 dan 2004, dan petenis Inggris kelahiran Kanada Greg Rusedski menjadi runner-up pada 1998.

Norrie lahir di Johannesburg, Afrika Selatan dan tumbuh di Selandia Baru sebelum menjadi petenis perguruan tinggi nomor 1 di Amerika ketika ia kuliah di Texas. Ia mewakili Inggris Raya sejak 2013.

Norrie sedang mengejar gelar keduanya sepanjang karir setelah awal tahun ini menang di Los Cabos.

Ia melakukan terobosan di Los Cabos menyusul serangkaian hasil runner-up, termasuk awal tahun ini di Estoril, Lyon dan London.

Dimitrov mencapai semifinal setelah mengalahkan dua petenis 10 unggulan teratas. Petenis asal Bulgaria itu berjuang untuk bangkit dari kehilangan satu set untuk mengalahkan unggulan teratas Daniil Medvedev 4-6, 6-4, 6-3 pada putaran keempat dan menyingkirkan ungglan kedelapan Hubert Hurkacz pada perempat final dengan kemenangan 3-6, 6-4, 7-6 (7/2).

Tidak ada pemain peringkat 25 teratas di dunia pada semifinal putra. Norrie, pada 26, adalah semifinalis berperingkat teratas.

Norrie dengan mudah memenangi set pertama dengan mematahkan servis Dimitrov pada tiga dari empat service game. ia memperoleh break di awal set kedua kemudian mempertahankan servisnya untuk mencetak kemenangan ke-46 musim ini.

Norrie memenangi pertandingan tersebut pada match point pertamanya ketika pukulan backhand Dimitrov menyangkut di net. 

Baca juga: Kalahkan Murray, Zverev capai putaran keempat Indian Wells

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar