Selebriti Chef Santi Santamaria Meninggal Dunia

Selebriti Chef Santi Santamaria Meninggal Dunia

Santi Santamaria (R), dokumentasi Oktober 2011 bersama Xavier Pellicer. (www.hangar-7.com)

Singapura (ANTARA News) - Selebriti chef Santi Santamaria, meninggal dunia diduga akibat serangan jantung usai grand opening restorannya di Marina Bay Sands Singapura pada Rabu pukul 20.00 waktu setempat.

"Saya merasa sangat kehilangan dan berduka cita atas meninggalnya chef Santi dan kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga. Hari ini sangat bahagia bagi kami tapi sangat menyedihkan kemarin," kata salah seorang selebriti chef, Wolfgang Puck di Singapura, Kamis.

Chef asal Spanyol itu meninggal usai jumpa pers dengan berbagai media dari beberapa negara bersama enam selebriti chef lainnya mengenai pembukaan restoran mereka.

Usai konferensi pers, para awak media diajak berkeliling ke restoran chef profesional tersebut untuk mencicipi masakan mereka, namun batal mengunjungi restoran Santi.

Santi Santamaria memiliki kemampuan kuliner secara otodidak dalam seni memasak dan dia adalah  chef Catalan pertama dari restoran yang mendapatkan penghargaan tiga bintang Michelin.

Restoran yang mendapatkan penghargaan ini, Can Fabes, didirikan pada 1981 dan telah berkembang dari sebuah bistro informal menjadi sebuah restoran terbesar di Spanyol, yang secara konsisten telah mendapatkan tiga bintang Michelin sejak 1994.

Santamaria adalah presiden Relais Gourmands dan wakil presiden Relia & Chateauz 2003-2006. Santamaria juga mengoperasikan restoran lain, Santceloni.

Sejak dibuka, restoran ini telah menerima dua bintang Michelin dan merupakan salah satu restoran top di Madrid.

Restoran Santi di Marina Bay Sands Singapura mengambil inspirasi dari Can Fabes yang terkenal, menggabungkan budaya dan nuansa Mediterania dengan akar budaya Catalan Santi Santamaria.

Restoran modern ini menyajikan karya-karya kuliner dengan pengaruh budaya Asia yang berbeda dan pada saat bersamaan tetap menjaga keunggulan dan kompleksitas dari Chef Santamaria.

Hidangan yang sederhana namun tetap spesialmemadukan unsur bahan-bahan kuliner yang ketersediaannya tergantung terhadap musim serta perhatian khusus saat proses persiapan makanan.

Restoran Santi pernah meraih penghargaan bergengsi Best New Restaurant di Singapore Tatler Best Restaurants Guide 2011.
(D016*S037/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Seorang koki ditangkap pesan ganja dari Inggris untuk bumbu masak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar