Jakarta (ANTARA News) - LKBN ANTARA menjalin kerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai media partner dalam semua kegiatan yang akan diselenggarakan KNPI.

"Bentuk kerjasama ini menjalin mitra-mitra yang sejalan yang dalam menjalankan tugas-tugas yang mulia untuk memberi harapan pada negara, kita tahu kalau KNPI merupakan organisasi untuk para pemuda, saya kira kita dapat berbagi narasumber untuk isu-isu penting, dan mengenai peliputan kegiatan yang akan dilakukan KNPI, " kata Direktur Utama LKBN ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf, di Jakarta, Jumat.

Tujuan dari kerjasama ini adalah kedua pihak mendapatkan promosi dalam segala kegiatan yang akan diselenggarakan serta memberikan pemberitaan kepada masyarakat dalam hal terselenggaranya kegiatan KNPI.

ANTARA bukan hanya melakukan peliputan setiap acara yang dilakukan oleh KNPI, tetapi juga bekerjasama dalam hal penyelenggaraan kegiatan, seperti seminar, dialog, talkshow, bertukar narasumber, publikasi, dan promosi.

"Kami sangat berterimakasih kepada ANTARA karena menjadi media partner yang mendukung kegiatan kami, seperti kampanye jangka panjang mengenai perubahan iklim. Kampanye ini memiliki kepentingan yang sangat besar, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pemuda," kata Ketua Umum DPP KNPI, Ahmad Doli Kurnia.

KNPI berharap mendapat banyak dukungan dari semua pihak khususnya media yang dapat menyebarkan informasi dari kampanye perubahan iklim (International Youth Forum on Climate Change) yang akan dilaksanakan pada 23-28 Februari 2011.

KNPI mempertimbangkan bahwa isu perubahan iklim merupakan kepentingan pemuda dan sekaranglah saatnya pemuda untuk menjaga lingkungan.

Acara tersebut akan dihadiri 220 peserta dari 42 negara dengan mengusung misi tentang pelestarian hutan, keanekaragaman, serta pariwisata.

Rangkaian acara dari kampanye tersebut adalah melakukan pertemuan membahas isu ini, field trip selama tiga hari, dan adanya gerakan resolusi pemuda mengenai pencegahan perubahan iklim.

Peserta akan mengikuti field trip yang dilakukan di tiga tempat, yaitu Hutan Tanjung Puting Kalimantan Tengah, Pulau Kapoposan, dan yang terakhir adalah Pulau Komodo.

Pada hari terakhir, KNPI bersama para peserta akan melakukan resolusi dengan gerakan menjaga lingkungan untuk mencegah terjadinya perubahan iklim di Gedung DPR.

Wujud dari gerakan ini nantinya akan dilakukan pertemuan dua tahun sekali untuk mengevaluasi isu-isu mengenai perubahan iklim secara gobal.

Harapan dari kampanye ini adalah adanya resolusi untuk mencegah perubahan iklim, sehingga para peserta nantinya mampu mengkampanyekan hal yang sama di negara masing-masing, serta merumuskan bahasa yang lebih populer mengenai isu ini agar masyarakat pedesaan dapat menjaga lingkungan dengan cara-cara yang mudah.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011