Surabaya (ANTARA News) - Kepala Staf atau "Chief of Staf" (COS) UNIFIL Brigjen Xavier de Woillemont melakukan kunjungan ke Markas Satgas Batalyon Infanteri Mekanis XXIII-E/UNIFIL ("Indobatt"/Indonesian Battalion) di Adshit Al Qusayr UN POSN 7-1, Lebanon Selatan (17/2).

"Kunjungan itu merupakan yang kedua kalinya ke Markas Indobatt," kata Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf Hendy Antariksa kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Jumat.

COS UNIFIL datang bersama dengan Sector East Deputy Commander, Kolonel Laut (E) Joko Edi S, Sector East Chief of Operation Officer (G3) Maj Juan M. Gutierrez Leon, dan COS Military Assistant Maj Lafontain.

"Saya menyambut kedatangan rombongan yang menggunakan Helikopter jenis Bell dengan nomor registrasi B 278 itu bersama Wadan Letkol Mar. Harnoko dan para perwira staf," katanya.

Setelah penyambutan di Hellypad Markas Indobatt, rombongan melaksanakan "tour of area operation" menuju ke Kompi A di El Adiesse UN POSN 9-63 dengan diiringi oleh rombongan perwira Indobatt.

Di Kompi A, rombongan disambut dengan tari Tobe, tarian yang berasal dari Suku Asmat Papua dan tari Raranggenis dari Jawa Barat.

Kedua tarian yang sempat memukau para tamu undangan tersebut dibawakan oleh para prajurit Indobatt dan srikandi-srikandi Wanita TNI.

"Itu suatu kebanggaan tersendiri bagi Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL, karena di sela-sela kesibukan melaksanakan misi perdamaian masih bisa meluangkan waktu mempromosikan kebudayaan asli Indonesia kepada para tamu yang berasal dari negara lain," katanya.

Selanjutnya, rombongan melaksanakan "tour of area" menuju ke XB-9 (Temporery Observation Post), TP-37, Flag Point dan Panorama, yang merupakan wilayah tanggung jawab Kompi A.

Setelah usai, rombongan menuju ke Markas Indobatt dan melaksanakan foto bersama di depan Patung Garuda yang merupakan simbol kebanggaan Indobatt, kemudian rombongan menuju Hellypad untuk kembali ke Markas UNIFIL dengan menggunakan helikopter.

Sebelumnya (14/2), Kepala G3 (Staf Operasi Sektor Timur) UNIFIL Major Juan M. Gutierrez Leon mengunjungi markas Satgas Batalyon Infanteri Mekanis Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL (INDOBATT/Indonesian Battalion) bersama tiga orang stafnya.

Dalam kunjungan it, mereka disambut dengan Tari Saman Aceh yang dibawakan oleh prajurit-prajurit Indobatt di Kompi C.(*)

(T.E011/E001)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011