Banda Aceh (ANTARA News) - Ribuan warga ibukota Provinsi Aceh dan kabupaten Aceh Besar menghadiri perayaan maulid akbar 2011 di halaman masjid Baitusshalihin Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Sabtu.

Wartawan ANTARA dari Banda Aceh melaporkan ribuan warga termasuk ratusan anak yatim dan fakir miskin serta para pejabat Pemerintah Provinsi dan Kota menikmati makan bersama pada acara memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Salawat memuji kebesaran Rasulullah SAW berkumandang saat warga menyantap berbagai menu makanan dari puluhan hidangan yang didatangkan dari sembilan desa di kecamatan itu.

"Alkhamdullillah maulid akbar kota Banda Aceh di kecamatan Ulee Kareng ini dapat terlaksana dengan baik, kami berterima kasih atas peran serta dan partisipasi masyarakat menyukseskan kegiatan ini," kata Ketua Pelaksana, Jamal Yunus.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian memeriahkan tahun kunjungan wisata 2011, selain dihadiri sejumlah kepala Dinas dan Badan Provinsi Aceh, Wali Kota Banda Aceh, Mawardi Nurdin, Wakil Wali Kota, Illiza Sa`aduddin Djamal juga di hadiri anggota DPR-RI, Nasir Djamil dan Marzuki Daud.

Didampingi Camat Ulee Kareng, Aulia R Dahlan, ia mengatakan untuk menyukseskan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu, panitia pelaksana menyembelih tiga ekor sapi untuk dimasak kuah belangon (kari).

"Tiga ekor sapi untuk dimasak kari merupakan sumbangan dari masyarakat di Kecamatan Ulee Kareng," katanya.

Mantan anggota DPRA itu juga mengatakan sebelum dilaksanakan zikir maulid dan makan bersama, panitia juga menggelar pawai hidang maulid diiringi rapa`i dan serunai kalee yang diikuti belasan mobil hias dari sembilan desa dan muspika kecamatan setempat.

Pawai hidang maulid yang baru pertama kali dilaksanakan menempuh rute Masjid Baitusshalihin-jalan Panglima Nyak Makam-jalan Teuku Nyak Arif-jalan Hasan Dek, jalan Teuku Iskanndar-jalan baru Pango dan kembali ke Masjid Baitusshalihin juga. (IRW/S019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011