Yogyakarta (ANTARA News) - Axis memilih band lokal dari delapan kota untuk dikolaborasikan dengan musisi terkenal di gelaran musik Java Jazz Festival 2011.

Koordinator Program Java Musik Production, Eki Puradiredja selaku penyelenggara Java Jazz Festival 2011 di Yogyakarta, Minggu, mengatakan, mereka bersama Axis akan memilih tiga pemenang dari hasil audisi band lokal yang diselenggarakan di delapan kota.

"Tiga pemenang tersebut akan dikolaborasikan dengan musisi jazz terkenal dari Indonesia seperti Sandy Sondoro dan Dira Sugandi. Tapi musisinya belum kami pastikan," kata Eki yang ditemui disela-sela dia menjadi juri pada audisi band lokal yang diberi judul "Axis Road To Java Jazz Festival 2011" di pojok Benteng Vredeburgh, Yogyakarta.

Konsep kolaborasi pun akan ditentukan berdasarkan tiga pemenang band jazz lokal tersebut.

Axis sendiri menyeleksi band lokal pada delapan kota tersebut yaitu Medan, Pontianak, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Makassar, Palembang dan Bandung.

Audisi di kota Medan, Pontianak, Yogyakarta dan Jakarta dilaksanakan pada hari Minggu ini (20/2), sedangkan audisi di Surabaya, Makassar, Palembang dan Bandung dilaksanakan pada Hari Minggu depan (27/2).

Selain band umum, Axis juga menyeleksi band pelajar lokal dalam "Axis Road To Java Jazz 2011" tersebut di 31 kota yaitu Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Yogyakarta, Solo Purwokerto, Semarang.

Audisi band pelajar lokal juga dilakukan di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Surabaya, Malang, Kediri, Jember, Makassar, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jambi, Pangkal Pinang, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon dan Purwakarta.

Axis akan memilih satu pemenang band pelajar lokal dari delapan region sesuai kota pada audisi band umum.

Delapan pemenang kategori pelajar tersebut akan diundang untuk tampil di Java Jazz Festival 2011 yang diselenggarakan di JI Expo Kemayoran Jakart pada 4-6 Maret 2011.

Eki menyatakan terkejut dan bangga dengan kualitas bermusik para peserta baik kategori umum maupun pelajar.

"Banyak peserta yang bermain bagus. Saya melihat banyak potensi bermusik dari pelajar yang nantinya menjadi bekal musisi yang baik," katanya.

Eki tidak mengira band pelajar pada acara audisi tersebut yang bermain musik dengan akar genre jazz.

Sedangkan Manager Penjualan Regional Jawa Pusat Axis, Mohammad Cahyadi mengatakan ada total 77 calon peserta audisi di empat kota yaitu di Purwokerto, Semarang, Solo dan Yogyakarta, yang terdiri dari 55 band pelajar dan 22 band umum.

Jumlah tersebut kemudian diseleksi untuk dilakukan audisi menjadi 45 band di Yogyakarta, 15 band di Solo, 17 band di Purwokerto dan 15 band di Semarang.

Cahyadi mengatakan dengan acara tersebut, Axis ingin memasyarakatkan musik jazz pada kalangan muda di Indonesia. (N006/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011