Seorang petugas PJU tersengat listrik di Tanjung Priok

Seorang petugas PJU tersengat listrik di Tanjung Priok

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengevakuasi jasad korban tersengat aliran listrik di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/10/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Seorang petugas penyambungan kabel untuk penerangan jalan umum (PJU) Ahmad Safaat meregang nyawa akibat tersengat listrik saat menjalankan tugasnya di Jalan Warakas Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis.

"Korban petugas PJU sedang melaksanakan giat pemeliharaan kabel," ujar Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Eko Budianto di Jakarta, Kamis.

Eko mengatakan, petugas penyelamatan yang dikirim ke lokasi berhasil mengevakuasi jasad korban. Namun petugas terkendala lantaran tali pengaman yang masih terikat membuat posisinya tergantung di atas tiang listrik.

Petugas penyelamat terpaksa memotong tali pengaman yang mengikat tersebut dengan menggunakan pisau hingga akhirnya tubuh korban berhasil dievakuasi dan diturunkan.

"Kami langsung mengerahkan satu unit (kendaraan evakuasi) dengan lima personel untuk mengevakuasi korban yang sudah meninggal dunia. Dugaan penyebab kematian karena tersengat listrik," ujar Eko.

Ketika tubuhnya diturunkan, rekan korban sesama petugas PJU bernama Ade langsung memberikan pertolongan pertama dengan melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau tindakan memompa jantung korban menggunakan tangan disertai dengan memberi bantuan napas lewat mulut.

Korban dinyatakan sudah meninggal dunia oleh petugas Dinas Kesehatan yang ikut dalam proses evakuasi di lokasi kejadian.

Untuk kepentingan autopsi, jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati dan penyelidikan kasus ini kini ditangani oleh Polsek Tanjung Priok.
Baca juga: Karyawan percetakan tewas tersengat listrik mesin cetak
Baca juga: Pelajar SMA tewas tersengat listrik saat banjir di Kemayoran

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Program bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi dialihkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar