Jakarta (ANTARA) - DJI telah meluncurkan kamera sinema baru yang hadir dengan gimbal bawaan, dukungan LiDAR (Light Detection and Ranging), dan dapat memotret hingga resolusi 8K.

Adanya sensor pengintai LiDAR akan membuat fokus kamera lebih tajam, lebih cepat, dan lebih andal, bahkan pada pemandangan malam.

Dikutip Gizmochina, Jumat, kamera sinema terbaru tersebut bernama Ronin 4D. Ronin 4D menggunakan kamera yang disebut Zenmuse X9, yang memiliki dudukan lensa yang dapat dipertukarkan menggunakan lensa DJI DL atau Leica M. 

Baca juga: DJI bawa drone Mavic 2 Entreprise untuk sektor industri

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan sembilan filter neutral-density (ND) bawaan untuk mengontrol eksposur.

Kamera Zenmuse X9 tersedia dalam model 6K dan 8K. Model 6K memungkinkan pengambilan gambar 6K pada 60fps dan 4K pada 120fps.

Sementara model 8K mampu mencapai 75fps pada resolusi maksimal 8K. Kamera X9 mampu memotret format RAW, 422HQ, atau bahkan H.264 jika pengguna mencoba menjaga ukuran file tetap minimum.

DJI telah mengumumkan bahwa kamera X9 baru dibuat hanya untuk Ronin 4D.

Menurut perusahaan, varian 6K dari Ronin 4D akan tersedia pada bulan Desember, sedangkan versi 8K akan diluncurkan "di kemudian hari."

Membeli Ronin 4D juga membuat pengguna menerima banyak aksesori lain, termasuk sistem pemantauan nirkabel dan motor fokus yang juga memungkinkan pengguna menyesuaikan lensa fokus manual untuk menggunakan sistem LiDAR.

Versi 6K dibanderol 7.199 dollar AS (Rp102 juta) sedangkan versi 8K akan diluncurkan seharga 11.499 dollar AS (Rp162 juta).

Baca juga: Baru dirilis, Erajaya langsung buka pemesanan DJI OM 5

Baca juga: DJI luncurkan FPV drone, tawarkan pengalaman terbang berbeda

Baca juga: Perusahaan drone China DJI masuk daftar hitam AS

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021