Indeks Dow Jones berhasil mengakhiri hari di rekor penutupan tertinggi untuk pertama kali  sejak 16 Agustus,...
New York (ANTARA) - Wall Street beragam pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq ditutup melemah karena laporan keuangan kuartalan yang mengecewakan dari Snap Inc dan Intel Corp menekan sektor komunikasi dan teknologi dan investor gelisah saat Ketua Fed Jerome Powell membahas pengurangan stimulus.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 73,94 poin atau 0,21 persen, menjadi menetap di 35.677,02 poin. Indeks S&P 500 terpangkas 4,88 poin atau 0,11 persen, menjadi ditutup pada 4.544,90 poin. Indeks Komposit Nasdaq anjlok 125,50 poin atau 0,82 persen, menjadi berakhir di 15.090,20 poin.

Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor keuangan terangkat 1,33 persen, memimpin kenaikan. Sementara itu, sektor jasa komunikasi merosot 2,28 persen, menjadikannya kelompok dengan kinerja terburuk.

Baca juga: Wall Street beragam, indeks S&P 500 naik ke rekor penutupan tertinggi

Indeks Dow Jones berhasil mengakhiri hari di rekor penutupan tertinggi untuk pertama kali  sejak 16 Agustus, tetapi ketiga indeks telah kehilangan kekuatan di perdagangan pagi saat Powell berbicara tetapi terus mengurangi kerugiannya dalam sesi berfluktuasi.

Namun, ketiga indeks mencatat kenaikan minggu ketiga berturut-turut untuk pertama kalinya sejak awal Juli, dengan S&P menambahkan 1,6 persen untuk minggu ini sementara Dow naik 1,1 persen dan Nasdaq naik 1,3 persen.

Powell mengatakan bank sentral AS "di jalur" untuk mulai mengurangi pembelian asetnya.

Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 terkerek 0,20 persen

Sean Sun, manajer portofolio di Thornburg Investment Management di Santa Fe, New Mexico mengatakan Powell “tidak tampak lebih hawkish.”

Tetapi Sun mengatakan investor "sangat cemas" tentang perolehan laba Snap yang lebih lemah dari perkiraan, yang menghubungkan beberapa kelemahan dalam bisnis periklanannya dengan gangguan rantai pasokan global dan kekurangan tenaga kerja yang menyebabkan merek-merek menarik kembali pengeluaran iklan mereka.

Saham Snap anjlok lebih dari 25 persen dan laporannya menyebabkan pemegang saham keluar dari perusahaan komunikasi terbesar yang bergantung pada iklan seperti Facebook Inc dan Twitter Inc, yang keduanya ditutup jatuh sekitar 5,0 persen.

Akibatnya, indeks jasa-jasa komunikasi S&P menjadi beban terbesar pada indeks acuan.

“Konsumen ingin membuka dompet dan membeli barang tetapi tidak bisa jika barang tersangkut di kapal peti kemas. Dan pengiklan tidak akan mengiklankan hal-hal yang tidak dapat mereka jual,” kata Sun, mencatat bahwa saham-saham pertumbuhan kekurangan simpati.

"Investor sekarang berpikir tentang imbalan risiko dan valuasi pada saham-saham pertumbuhan menyisakan lebih sedikit ruang untuk kekecewaan."

Baca juga: Dolar pangkas kerugian, Powell indikasikan pengurangan beli obligasi

Saham Intel anjlok hampir 12 persen setelah penjualan kuartal ketiga pembuat chip komputer itu meleset dari ekspektasi, sementara chief executive officer-nya menunjuk pada kekurangan chip yang menahan penjualan prosesor andalannya.

Namun, sektor keuangan terbantu oleh kenaikan kuat di American Express Co, yang melonjak 5,4 persen setelah mengalahkan perkiraan laba untuk kuartal keempat berturut-turut.

Analis meningkatkan ekspektasi mereka untuk pertumbuhan laba komponen S&P 500 untuk kuartal ketiga, memperkirakan peningkatan 34,8 persen tahun-ke-tahun, lebih tinggi dari perkiraan kenaikan 31,9 persen pada awal minggu, menurut data dari Refinitiv.

Tetapi beberapa investor sudah melihat melampaui angka laba yang mengesankan, menurut Brad McMillan, kepala investasi untuk Commonwealth Financial Network, sebuah broker-dealer independen di Waltham, Massachusetts.

"Pertanyaan sebenarnya seputar apakah kita dapat mendorong lebih tinggi adalah apakah ekonomi akan menjadi lebih baik," kata McMillan.

Data menunjukkan aktivitas bisnis AS meningkat pada Oktober, karena infeksi COVID-19 mereda, meskipun kekurangan tenaga kerja dan bahan baku menahan manufaktur.

Di bursa AS sebanyak 11,03 miliar saham berpindah tangan dibandingkan dengan rata-rata pergerakan 10,38 miliar selama 20 detik terakhir.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021