BPIP rangkul MMTC Yogyakarta susun materi digital pembinaan Pancasila

BPIP rangkul MMTC Yogyakarta susun materi digital pembinaan Pancasila

Aris Heru Utomo, Direktur Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara BPIP (ANTARA/HO-dok.pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merangkul Sekolah Tinggi Multi Media, atau Multi Media Training Center (MMTC), Yogyakarta untuk menyusun materi digital pembinaan ideologi Pancasila.

“Melalui pembuatan materi digital, para aparatur negara seperti ASN, TNI, Polri, dan pejabat daerah diharapkan akan lebih mudah memahami materi-materi pembinaan ideologi Pancasila yang disiapkan BPIP,” tutur Direktur Standardisasi Materi Aparatur Negara Aris Heru Utomo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pemahaman materi-materi tersebut, tutur dia, termasuk visualisasi tentang aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ungkapan tersebut ia sampaikan ketika melakukan kunjungan ke MMTC Yogyakarta dengan tujuan kunjungan untuk meningkatkan kerja sama dalam pembuatan materi digital pembinaan ideologi Pancasila bagi aparatur negara, peserta didik formal, dan masyarakat.

Baca juga: Bumikan Pancasila, BPIP berkunjung ke Aceh Barat

Kunjungan juga dilakukan sebagai inisiasi rencana penyusunan kurikulum pembinaan ideologi Pancasila melalui pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan bersama oleh BPIP dan MMTC Yogyakarta.

“Kita bersama-sama harus bisa membanjiri ruang-ruang publik dengan materi-materi pembinaan ideologi Pancasila di jejaring media sosial,” kata Direktur Standardisasi Materi Formal/Informal Toto Purbiyanto yang juga turut hadir dalam kunjungan tersebut.

Toto juga menyampaikan mengenai perlunya pembuatan materi digital bagi peserta didik formal, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

“Materi digital pembinaan ideologi Pancasila juga penting bagi keluarga di tengah perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat,” kata dia.

Menyambut inisiasi BPIP untuk membuat materi digital dan bekerja sama dengan MMTC, Pembantu Ketua II Bidang Administrasi Umum Nunuk Parwati menyampaikan persetujuannya.

Baca juga: BPIP puji kampung muslimin di Aceh Barat kuatkan ideologi Pancasila

“Inisiasi ini dapat dilakukan melalui kerja sama dengan prodi-prodi yang ada di MMTC dan melibatkan mahasiswa, baik melalui magang di BPIP atau dalam penyusunan tugas-tugas kuliah,” kata Nunuk.

Dosen Program Studi Manajemen Produksi Berita ini juga menyampaikan bahwa terdapat empat program studi di MMTC yang dapat bekerja sama dengan BPIP, yaitu Manajemen Produksi Siaran, Manajemen Produksi Berita, Animasi, dan Teknologi Permainan.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Kerja Sama Diklat Sadono Srihardjo yang menggarisbawahi pentingnya para pihak yang terlibat untuk duduk bersama guna membahas rencana diklat dan kurikulum diklat Pancasila, agar mahasiswa dapat memahami nilai-nilai Pancasila di bangku pendidikan dan menuangkannya dalam berbagai materi digital.

Sebelumnya, tiga direktur yang berkunjung ke MMTC juga menyampaikan bahwa rencana peningkatan kerja sama antara BPIP dan MMTC pada dasarnya merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman Bersama (MOU) yang telah ditandatangani bersama oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate.

Baca juga: BPIP optimalkan pembinaan Ideologi Pancasila lewat medsos

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penguatan pancasila melalui permainan Panca Main

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar