Kabul (ANTARA News) - Bintang film Amerika Serikat Angelina Jolie melakukan kunjungan mengejutkan selama dua hari ke Afghanistan untuk menemui para pengungsi di negara yang dicabik perang itu.

Angelina, bintang sejumlah film seperti "Mr & Mrs Smith" dan juga duta besar muhibah Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), telah menghabiskan dua hari untuk menemui pengungsi. Ia juga menyerukan agar lebih banyak lagi mengintegrasikan bekas pengasingan itu ke dalam masyarakat Afghanistan.

Sebanyak 5,5 juta lebih orang telah kembali ke Afghanistan sejak 2002. Sebagian besar dari mereka melarikan diri ke Pakistan dan Iran, dan kepulangan mereka telah meningkatkan jumlah penduduk negara itu sekitar 20 persen, seperti dilaporkan AFP.

Sekarang ini ada sekitar 140.000 tentara internasional di Afghanistan, yang memerangi gerilya pimpinan-Taliban.

"Pusat perhatian sekarang perlu diberikan pada pengintegrasian kembali dan itu berarti tidak hanya memberikan perlindungan, tapi meyakinkan ada air, kesempatan kerja, sekolah bagi anak-anak dan klinik kesehatan," kata Angelina Jolie dalam satu pernyataan yang dikeluarkan oleh UNHCR pada akhir kunjungannya.

Angelina, yang hidup bersama dengan sesama bintang film Brad0 Pitt, terkenal karena kerja kemanusiaannya. Kunjungan sekarang ini adalah yang kedua bagi Angelina Jolie ke Afghanistan.
(S008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011