Tohpati Bernuansa Rock di Java Jazz

Tohpati Bernuansa Rock di Java Jazz

Panggung Axis Jakarta International Java Jazz Festival 2011. (FOTO.ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Tohpati Bertiga tampil dengan mengusung jazz intrumentalis bernuansa rock bertenaga pada pagelaran Axis Java Jazz 2011.

Tampil di Hall C2 JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Minggu, Tohpati bersama sohib kentalnya Indro Hardjodikoro (bas) dan Adityo Wibowo alias Bowie (drum) membawakan beberapa lagu dari album Tohpati Bertiga.

Alunan komposisi musik jazz yang berenergi ala progresive rock menyemangati ribuan penonton yang antusias melihat permainan Tohpati, Indro dan Bowie yang tampil perdana dalam formasi Tohpati Bertiga di ajang tahunan jazz itu.

Tohpati tampil mengekspresikan keriangannya pada komposisi lagu-lagu Tohpati Bertiga yang disambut tepuk tangan dan riuh sorakan penonton setiap usai komposisi musik selesai dimainkan.

Penonton juga memberi tepukan tangan meriah ketika Tohpati memperlihatkan ketrampilan berimprovisasi pada nada-nada jazz yang rancak lewat permainan gitarnya.

Pada komposisi lagu ketiga berjudul "Bertiga", Indro mengeluarkan jurus permainan dengan mencabik dan membetot bas-nya menghasilkan nada bas yang garang yang tentu saja disambut penonton yang rata-rata berusia muda.

Tidak kalah dengan Tohpati dan Indro, Bowie yang juga personil Gugun Blues Shelter (GBS) itu mencoba "bercanda" dengan membuat irama bunyi memukul pinggiran drum ke depan dan dilanjutkan memukuli lantai panggung, terus memukuli "stand mic", berlanjut ke amplifier Tohpati sambil kembali memukuli drummnya, yang disambut kemeriahan penonton.

Tohpati Bertiga menampilkan lebih dari lima komposisi lagu antara lain berjudul "Rock Campur", "I Feel Great" dan "Bertiga".

Tohpati, Indro dan Bowie sendiri juga telah tampil di Java Jazz 2011 sendiri-sendiri seperti pada formasi Simak Dialog, dan Gugun Blues Shelter.

Penuh Sesak

Gelaran Java Jazz hari kedua disesaki oleh penonton yang kurang lebih berjumlah 15.000 penonton yang tidak hanya dari Jakarta, tetapi juga daerah-daerah sekitar ibukota.

Bahkan terlihat beberapa orang asing ikut menonton, yang menurut penyelenggara berasal dari Australia, Singapura, Malaysia dan Jepang.

Terlihat juga Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menyaksikan penampilan berbagai musisi jazz internasional maupun musisi jazz Indonesia tampil.

Hari kedua penyelenggaraan Java Jazz, tampil musisi unggulan seperti George Benson, dan Carlos Santana yang tampil untuk kedua kalinya.

Selain itu ada gitaris Fourplay Chuck Loeb, Zam Mama, George Duke and JJF All Stars.

Sementara musisi Indonesia yang tampil antara lain SimakDialog band, Maliq and D`Essensial, Nial Djuliarso, Syaharani ESQIEF, Drew dan Elfa Singer-Kahitna-Elfa Student Choir dalam konser mengenang Elfa Secioria.(*)

(T.N006/D009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar