Kairo (ANTARA News) - Segala bentuk intervensi militer di Libya akan berdampak buruk, kata Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe pada Minggu, ketika ia melakukan kunjungan ke Mesir.

"Prancis, seperti halnya negara mitra lainnya, tidak menyetujui bentuk intervensi militer Barat di Libya, yang tentu saja akan berdampak buruk," kata Juppe dalam jumpa pers di Kairo, seperti dikutip AFP.

"Mengingat kemungkinan terjadinya pertempuran yang semakin berdarah, kita harus bersiap untuk bereaksi terhadap hal itu, maka dari itu kita harus merencanakan sebuah zona larangan terbang di Libya," kata Juppe.

Namun ia menegaskan semua langkah tersebut harus didasari oleh mandat dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa dan melibatkan partisipasi dari Liga Arab dan Uni Afrika.

Sebelumnya ketika berbicara kepada warga Prancis yang berada di Mesir, Juppe mengatakan Eropa dan Prancis tidak akan membiarkan "pembodohan kriminal" yang dilakukan Muammar Gaddafi dalam menghadapi pergolakan politik di Libya. (PPT/M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011